Malaysia Pecas Ndahe

Februari 27, 2008 § 44 Komentar

Ini berita paling keren pagi ini dari koran The Jakarta Post. Terpasang di halaman depan, bagian bawah, berita itu menyebutkan tiga blogger kondang di Malaysia akan ikut mencalonkan diri dalam pemilu Malaysia pada 8 Maret 2008.

Para blogger itu — Jeff Ooi, Tony Pua, dan Badrul Hisham Shaharin — akan mencoba peruntungan melawan calon-calon lain dari koalisi partai yang sudah mendominasi politik lokal selama lima dekade.

Mereka berharap keseleban kemasyhuran yang telah mereka peroleh di khasanah blog akan membantu mereka mendulang suara. Mereka hendak menguji apakah jumlah suara pendukung di ranah blog sama dengan jumlah suara pemilih mereka.

Jeff Ooi, 52 tahun, bekas penulis teks iklan, dikenal sebagai blogger spesialis masalah politik. Tony, 34 tahun, lulusan Oxford, baru nge-blog tiga tahun yang lalu. Badrul, aktivisi demokrasi, adalah pengagum Che. Akankah mereka mampu merebut kursi?

Buat saya, ndak penting mereka akan mendapat kursi di parlemen atau tidak. Sukses atau gagal itu nomor sekian. Yang penting mereka telah memulai dan membuat perbedaan.

Tiga blogger itu telah mengubah wajah politik Malaysia yang selama bertahun-tahun ada di bawah payung kekuasaan Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan koalisi partai-partai pendukungnya.

Mungkin mereka bisa menjadi teladan bagi para blogger lain di mana pun mereka berada, termasuk di Indonesia ini.

Pertanyaan saya, apakah sampean juga akan mengikuti jejak mereka pada 2009 nanti, Ki Sanak? Mumpung masih ada waktu lo …

Ah, saya jadi ingat Paklik Isnogud yang pernah berkata, “Demokrasi memang riuh dan rumit, tapi tak mudah untuk terus ditampik.”

>> Baca juga parodi blogger dalam Pemilu 2009.

Iklan

§ 44 Responses to Malaysia Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Malaysia Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: