Kepribadian Pecas Ndahe

April 16, 2008 § 32 Komentar

Setiap manusia, kata Myers-Briggs, memiliki delapan jenis preferensi sikap/perilaku atawa kepribadian. Menurut hasil tes, saya tergolong tipe INFP (Introverted, iNtuitive, Feeler, Perceiver).

Kok bisa? Lah ya ndak tahu. Tapi, begitulah hasil pelatihan yang saya peroleh kemarin, dari pagi sampai sore, di sebuah hotel di Jakarta Pusat, bersama kawan-kawan saya di pabrik.

Saya ndak terlalu ngerti maksud penggolongan kepribadian itu. Katanya sih, penggolongan itu berguna untuk mengira-ira siapa teman dan bos-bos di tempat kerja kita. Kalau sudah tahu, terus buat apa?

Kata para psikolog itu sih, pengetahuan tentang aneka macam kepribadian akan membantu kita memahami kenyataan bahwa orang itu berbeda-beda. Ini bukan soal benar atau salah, atau baik dan buruk. Hanya berbeda.

Kalau kita tahu preferensi kepribadian orang yang kita ajak ngobrol atau kerja sama, kita akan lebih mudah berkomunikasi.

Pada dasarnya, setiap orang itu memiliki delapan tipe kepribadian, extraversion (E) – introversion (I), sensation (S) – intuition (N), thinking (T) – feeling (F), dan judging (J) – perceiving (P).

Namun, setiap manusia biasanya hanya menampilkan dan merasa nyaman dengan empat pasang tipe itu. Ada yang tipenya ESTJ, ada yang ENTJ, atau seperti saya yang INFP, dan sebagainya.

Ciri manusia bertipe E itu adalah mereka yang mendapatkan energi dari lingkungan di luar dirinya. Ia tipe “anak gaul”. Gemar pesta.

Orang tipe I sebaliknya. Ia mendapatkan energi dari dirinya sendiri. Lebih suka menyendiri, dan tak terlalu membutuhkan orang lain.

Begitu seterusnya. Sampean bisa belajar sendiri di wikipedia mengenai tipe-tipe kepribadian itu atau baca-baca buku psikologi. Sampean juga bisa tanya ke Mbak Dos. Dia sangat paham dan pasti dengan senang hati menjelaskan. Begitu kan, Jeung? Mumpung blognya baru, eh pindah alamat.

Saya cuma mau menunjukkan bahwa setiap manusia itu berbeda. Dengan mengenali perbedaan itu, kita mungkin bisa berkomunikasi dengan baik. Terimalah perbedaan itu sebagai berkah.

Setuju?

Iklan

§ 32 Responses to Kepribadian Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kepribadian Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: