Otak Pecas Ndahe

Januari 17, 2010 § 48 Komentar

Tidak semua komputer diciptakan sama. Untuk setiap kebutuhan, dibuat satu jenis komputer sendiri. Ada komputer desktop dengan otak dan mesin digdaya bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan fotografi, desain grafis, penyuntingan video/film.

Ada pula laptop jenis netbook bagi mereka yang hanya membutuhkan mesin untuk menulis dan mengakses Internet. Perangkat seperti ini cocok untuk para narablog.

Apa pun komputernya, ada satu bagian terpenting di dalamnya: prosesor. Inilah otak dari semua komputer — menentukan kecepatan pengolahan data dan instruksi, kualitas grafis, kemampuan kerja ganda, dan sebagainya.

Di dunia ini, tak banyak perusahaan yang sanggup membuat prosesor, otak komputer yang canggih itu. Salah satu di antaranya adalah Intel Corp.

Untuk mengantisipasi kebutuhan orang yang semakin haus akan kecepatan sebuah mesin, Intel telah mengeluarkan chip Intelยฎ Coreโ„ข i7, i5 dan i3 yang dibuat berdasarkan proses manufaktur 32 nanometer.

Berapa panjang satu nanometer itu? Satu nanometer adalah satu per satu miliar meter. Seorang pelari harus melangkah 3,125 miliar kali untuk berlari 100 meter bila ukuran langkahnya hanya 32nm.

Lantas seberapa canggih prosesor-prosesor baru itu? Sebagai gambaran, sampean bisa mempertajam sebuah gambar dengan menggunakan Adobe Photoshop 28 persen bila dibandingkan dengan kemampuan prosesor yang dibuat dengan teknologi sama.

Prosesor-prosesor baru ini 4.767 kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor pertama Intel yaitu Intelยฎ 4004.

Saya sempat mencoba sebuah laptop yang dijejali prosesor Intel Core i7. Tahukah sampean bagaimana rasanya? Saya merasa seperti melaju dengan mobil balap Formula 1!

>> Selamat hari Ahad, Ki Sanak. Apakah sampean pernah mengemudikan mobil balap?

Iklan

Tagged: , , , ,

§ 48 Responses to Otak Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Otak Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: