Wat Pho Pecas Ndahe

Februari 18, 2013 § 88 Komentar

Di jantung Kota Bangkok yang sibuk dan riuh, ia rebahan dengan kaki selonjor. Raungan kendaraan bermotor dan deru tuk-tuk seolah tak mengganggu posisinya yang santai. Siapakah dia?

Buddha | Wajah Buddha sedang rebahan

Buddha | Wajah Buddha sedang rebahan

Orang menyebutnya sebagai patung Buddha Tidur atau Reclining Buddha. Berada di dalam kompleks Kuil Wat Pho yang asri, patung ini merupakan salah satu daya tarik wisata Bangkok yang wajib dikunjungi.

Buddha Wat Pho, Reclining

TIDUR | Posisi Buddha yang legendaris itu.

Saya pertama kali mengenal kuil itu dari foto-foto di situs berita luar negeri. Foto itu menampilkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton sedang berdiri tanpa sepatu di dalam sebuah ruangan besar, di mana patung itu berada.

Karena foto-foto Obama sewaktu di Wat Pho itulah saya jadi tertarik mampir kuil yang berlokasi di Jalan Chetuphon. Tiket masuknya cukup murah, hanya 50 Baht (sekitar Rp 16 ribu).

mural Buddha Wat Pho

MURAL | Lukisan dinding di dalam kuil Reclining Buddha.

Berdiri di atas lahan seluas 20 hektare, Wat Pho (Wat Phra Chetuphon) termasuk sebagai salah satu kuil tertua Negeri Gajah Putih. Ia dibangun 200 tahun sebelum Bangkok menjadi ibu kota Thailand.

Patung Buddha raksasa itu memang menakjubkan. Terbuat dari emas, patung itu panjangnya 46 meter dan tingginya 15 meter. Tak heran bila patung ini disebut-sebut sebagai mahakarya tentang Buddha yang paling besar dan indah di Thailand.

Untuk masuk ke aula besar tempat patung Buddha tidur berada, semua pengunjung harus melepas sepatu, seperti Obama yang saya lihat di foto. Sepatu boleh ditenteng tapi harus dimasukkan ke dalam kantong yang sudah disediakan di pintu masuk.

Selain mengagumi ukuran patung yang mahabesar, pengunjung kuil boleh memberi sedekah berupa uang koin. Kalau tak punya koin, pengunjung bisa menukarnya di lokasi. Uang koin itu kemudian dimasukkan ke dalam cawan-cawan yang berderet sepanjang ruangan tempat patung Buddha berada.

SEDEKAH | Berharap berkah lewat koins.

SEDEKAH | Berharap berkah lewat koins.

Menurut penjaga kuil, barang siapa bisa memasukkan koin sumbangan ke semua cawan itu tanpa terlewat satu cawan pun, maka ia akan mendapatkah rezeki berlimpah.

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah hari ini sampean sudah tidur?

Tagged: , , , , , ,

§ 88 Responses to Wat Pho Pecas Ndahe

Tinggalkan komentar

What’s this?

You are currently reading Wat Pho Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta