ePay Pecas Ndahe

April 15, 2013 § 92 Komentar

Pernah belanja online? Bayarnya pakai apa? Transfer antarrekening? Kartu kredit? Tunai saat penyerahan barang (cash on delivery)?

Saya baru tahu, pekan lalu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperkenalkan sistem pembayaran online yang disebut e-Pay. Acara perkenalan sistem ini dilakukan di kawasan Senayan, Jakarta. Saya kebetulan juga datang ke acara tersebut.

Sewaktu di acara peluncuran itu, saya diberitahu bahwa E-Pay BRI merupakan salah satu sarana belanja online yang praktis dan aman. Disebut praktis karena pengguna Internet banking BRI otomatis memiliki layanan yang sangat lengkap, mulai dari transaksi keuangan sampai e-Commerce.

Selain itu, e-Pay BRI merupakan one stop payment solution yang mudah digunakan. Maksudnya, nasabah yang juga pengguna internet banking BRI otomatis mendapat aneka layanan mulai dari transaksi keuangan hingga pembayaran e-commerce.

Cara belanja barang dengan ePay tergolong mudah. Pembeli tinggal mengikuti langkah-langkah seperti digambarkan dalam bagan di bawah ini. Sebagai contoh, ini panduan belanja yang saya ambil dari salah satu merchant mitra BRI, yakni BliBli.

epay BRI

Konsumen tak perlu mengkhawatirkan keamanan berbelanja memakai ePay karena setiap transaksi dilengkapi kode pembayaran (pay code) yang dikirim ke ponsel nasabah, lengkap dengan password. Hanya mereka yang sudah mendapatkan pay code tersebut yang bisa menuntaskan transaksi.

Hingga tulisan ini dibuat, BRI bekerja sama dengan 28 merchant dan akan terus bertambah. Pada periode promosi ini, para merchant mitra BRI itu menyediakan harga diskon bagi konsumen yang berbelanja.

Saya merasa keputusan BRI menyediakan layanan ePay didorong oleh meningkat pesatnya jumlah pengguna Internet Indonesia. Beberapa sumber tak resmi memperkirakan jumlahnya sekitar 80 juta.

Lonjakan pengguna Internet itu membawa dampak, salah satunya, adalah naiknya aktivitas belanja. MasterCard memperkirakan, sekitar 57 persen pengguna Internet di Indonesia melakukan belanja online.

Akibatnya transaksi online pun meningkat. Apalagi belanja telah menjadi gaya hidup bagian sebagian masyarakat. Tak sedikit pengguna internet yang membeli barang di situs-situs belanja.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan bahwa volume bisnis online di Indonesia mencapai Rp 126 triliun pada 2012, dan diperkirakan meningkat sepuluh kali lipat pada 2013 ini.

Adapun cara pembayaran pengguna internet di Indonesia paling banyak menggunakan paypal, kartu debit, transfer bank, kartu kredit dan transfer uang dengan ATM. Metode pembayaran menggunakan kartu kredit cenderung banyak dihindari karena banyaknya kasus pembobolan kartu kredit melalui internet.

Salah satu situs belanja itu adalah Blibli.com yang juga menjadi mitra BRI ePay. Blibli merupakan situs e-Commerce dengan pilihan fasilitas pembayaran paling lengkap di Indonesia. Fasilitas e-Pay BRI tentu saja menambah pilihan metode pembayaran.

Saya sempat mencoba berbelanja di Blibli memakai ePay. Saya mencoba membuat reservasi sebuah hotel. Pertama, saya pilih hotel yang saya inginkan. Setelah itu, saya mengikuti langkah-langkah seperti yang tertera di panduan.

Setelah transaksi selesai, saya tinggal menunggu kiriman voucher hotel yang saya pesan. Keesokan harinya, saya sudah menerima voucher yang dikirimkan via email. Benar-benar mudah dan cepat.

Dengan begitu mudah dan cepatnya transaksi, saya menduga layanan ini akan menjadi alternatif pembayaran yang menarik bagi konsumen yang ingin berbelanja online.

Dan seandainya di masa depan BRI mampu menggandeng lebih banyak merchant lagi, tentu calon konsumen juga akan mendapat lebih banyak pilihan barang yang akan dibeli. Konsumen adalah raja yang harus dilayani dengan baik, kan?

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah sampean sudah pernah belanja online?

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 92 Responses to ePay Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ePay Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: