Lari Pecas Ndahe

Desember 21, 2015 § 42 Komentar

Sebuah situs komunitas hobi lari, marilari.com, mengumumkan rencana penutupan situs tersebut. Dalam pernyataan yang dimuat di situs pada 20 Desember 2015, pengelolanya menulis:

“Karena beberapa alasan serta tekanan dari beberapa pihak tertentu, kami dengan sangat menyesal memutuskan untuk tidak melanjutkan operasional dan pemeliharaan situs MariLari.com. Proses penghentian akan dimulai per 1 Januari 2016.”

Pengumuman tersebut sontak membuat banyak orang, terutama mereka yang mengenal situs tersebut dan para anggota komunitas lari, bertanya-tanya. Ada apakah gerangan? 

Saya menghubungi Adham Somantrie pengelola situs tersebut untuk mencari tahu alasan sebenarnya dan cerita di balik rencana penutupan marilari.com. Siapa pihak tertentu yang menekannya?

Adham bekerja di sebuah perusahaan digital kreatif di Jakarta. Ia dikenal sebagai salah satu orang yang aktif mengikuti pelbagai macam lomba lari di Jakarta.

Sebelum menjawab pertanyaan saya, Adham menjelaskan asal mula dia membuat situs marilari.com. Semuanya diawali ketika dua tahun lalu dia melihat maraknya olahraga lari. Hampir setiap pekan juga ada acara lomba lari di Jakarta dan kota lain. Tapi banyak orang belum tahu di mana mencari informasi dan jadwal lomba. Belum ada juga orang atau lembaga yang mengumpulkan informasi dan jadwal lomba dalam satu wadah.

Adham lalu terpikir untuk membuat sebuah situs berisi informasi dan jadwal lari yang lengkap. Situs ini diharapkan akan memudahkan yang ingin ikut lomba lari.

Ketika Adham mencari nama domain pada 2013, ia hanya menemukan marilari.com sebagai satu-satunya nama yang tersedia dan sesuai dengan konsep situs. Akhirnya dia memakai nama itu.

Ia sama sekali tak tahu bahwa nama yang dipilihnya itu bisa saja berkaitan dengan nama organisasi, yayasan, komunitas, atau tagline milik orang lain. Ia hanya tahu bahwa nama itu yang masih tersedia. Itu saja.

Setelah berjalan selama dua tahun, rupanya nama itu membuat beberapa temannya bertanya-tanya, termasuk salah satu pendiri komunitas lari. Beberapa orang lain bahkan berkomentar sinis, karena menganggap Adham mendompleng tagline orang lain untuk mencari uang lewat situs marilari.com.

“Lama-lama saya nggak enak juga, soalnya mereka kan teman-teman saya semua,” kata Adham.

Daripada memicu keributan dan Adham juga merasa sungkan dengan teman-temannya sendiri, ia memutuskan untuk menutup situs itu.

“Situs itu cukup populer di kalangan para pelari, nggak sayang ditutup? Ke mana nanti para pelari akan mencari informasi dan jadwal lomba lari?” saya bertanya.

Secara diplomatis Adham menjawab, “Saya sedang mencari alternatif lain agar masyarakat luas tetap bisa mendapat manfaat serupa.”

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah sampean juga hobi berlari?

Iklan

Tagged: , ,

§ 42 Responses to Lari Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Lari Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: