Membuat storytelling dengan teknik the hero’s journey

Januari 11, 2023 § 1 Komentar

Apa yang dimaksud dengan teknik the hero’s journey? Seperti apa contohnya?

Di konten sebelumnya saya sudah berbagi tentang storytelling.

Nah, kali ini saya ingin menunjukkan salah satu teknik storytelling, yaitu kisah kepahlawanan atau the hero’s journey.

Alkisah ada seorang pria muda bernama Panjul, jebolan dari sebuah sekolah bisnis di Jakarta. Meskipun tidak menyelesaikan studinya, Panjul memiliki semangat yang kuat untuk bisnis dan teknologi. Dia memiliki impian untuk mendirikan perusahaan rintisan sendiri, yang akan mengubah industri perikanan.

Panjul, 27 tahun, adalah sosok anak muda yang memiliki cita-cita tinggi dan sangat berdedikasi untuk mewujudkannya. Dia adalah seorang yang memiliki semangat yang kuat untuk belajar dan mengejar impiannya, meskipun dia tak punya gelar akademik apa pun. Dia memiliki passion yang kuat untuk bisnis dan teknologi, dan memiliki keyakinan dalam dirinya sendiri untuk menjalankan startup perusahaannya sendiri.

Panjul adalah figur anak muda yang tekun, keras kepala, dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mencapai tujuannya. Panjul tidak takut menghadapi tantangan, dia selalu siap untuk mengambil risiko dan mengejar mimpi-mimpinya.

Panjul pantang menyerah, gigih, terus berusaha untuk meningkatkan diri dan belajar dari setiap kesalahannya. Dia juga memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dan membuat hubungan yang baik dengan orang lain.

Teman-temannya menganggap Panjul sebagai sosok yang ambisius, berdedikasi, dan kerja keras yang selalu berusaha untuk mencapai impiannya. Dia adalah contoh yang baik dari seseorang yang tidak menyerah pada kesulitan dan selalu berusaha untuk mencapai keberhasilannya.

Panjul tahu bahwa ini akan menjadi perjalanan yang sulit, jadi dia mempersiapkan diri untuk ujian dan kesulitan yang akan datang. Dia menghabiskan beberapa bulan untuk menyelidiki dan mengembangkan ide-nya, dan akhirnya dia memiliki rencana yang solid untuk perusahaan rintisannya.

Langkah pertama dari perjalanan Panjul adalah panggilan untuk petualangan. Dia meninggalkan hidupnya yang nyaman dan berangkat untuk mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mewujudkan mimpinya.

Dia menghadapi banyak halangan di jalan, termasuk kurangnya dana dan kesulitan untuk menemukan talenta berpengalaman. Namun dengan tekad dan kerja keras, dia mampu mengamankan dana yang diperlukan dan membentuk tim yang berbakat untuk membantunya.

Langkah selanjutnya Panjul adalah mencari mentor. Dia menemukan seorang pengusaha berpengalaman yang pernah mengalami proses startup sebelumnya, dan yang mampu memberikan bimbingan dan saran yang berguna.

Panjul sering berkunjung ke kantor sang mentor yang megah di pusat kawasan bisnis Jakarta.

Mentor Panjul adalah seorang pengusaha bernama Bos Besar berusia 55 tahun. Bos Besar dikenal sebagai pengusaha sukses, ia berhasil membangun kerjaan bisnis di bidang tambak dan pengolahan ikan dengan 75 cabang di Indonesia dan Asia Tenggara.

Bos Besar dikenal sebagai seorang yang bertangan dingin dalam bidang ini, dan telah memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola perusahaan dan mengembangkan bisnis.

Bos Besar diakui sebagai pemikir yang inovatif dan proaktif, dia senantiasa mencari peluang baru dan mencari cara untuk meningkatkan bisnisnya.

Selain itu, Bos Besar memiliki reputasi sebagai pemimpin yang berdedikasi dan berjiwa pemimpin yang menghargai dan mengembangkan talenta yang ada di perusahaannya.

Dia memiliki kemampuan untuk memberikan saran yang baik dan bimbingan yang berguna, yang memungkinkan Panjul untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya dalam perjalanan startup-nya.

Mentor Panjul itu.selalu memberikan dukungan dan motivasi yang dibutuhkan oleh Panjul, sehingga dia dapat mencapai kesuksesan dalam bisnisnya.

Pada suatu pagi, Panjul kembali bertamu ke kantor Bos Besar di lantai 42.

Panjul: “Selamat pagi, Bos. Saya sangat senang bisa bertemu dengan Anda hari ini.”

Mentor: “Selamat pagi juga, Panjul. Apa yang bisa saya bantu untukmu hari ini?”

Panjul: “Saya ingin mendiskusikan perkembangan perusahaan startup saya dengan Anda. Saya mengalami kesulitan dalam menarik investor dan kesulitan dalam menemukan talenta yang cocok.”

Mentor: “Sudahkah kamu melakukan riset pasar yang cukup dan membuat rencana bisnis yang solid? Investor pasti akan lebih tertarik pada perusahaan yang sudah memiliki rencana yang matang.”

Panjul: “Sudah, Bos. Saya sudah melakukan riset pasar yang cukup dan membuat rencana bisnis yang matang. Tapi saya masih kesulitan dalam menarik investor.”

Mentor: “Mungkin kamu harus berfokus pada menemukan calon investor yang cocok dengan bisnis kamu. Ingat, tidak semua investor cocok dengan setiap bisnis. Dan untuk menemukan talenta yang cocok, pastikan kamu menjelaskan visi dan misi perusahaan kamu dengan jelas, sehingga orang yang cocok akan terpikat untuk bergabung dengan perusahaan kamu.”

Panjul: “Terima kasih atas saran Anda, Bos. Saya akan pastikan untuk melakukannya.”

Mentor: “Sama-sama. Ingat, kesuksesan tidak datang dengan mudah. Kamu harus bekerja keras dan tidak pernah menyerah. Jika kamu memiliki tekad yang kuat dan kerja keras, kamu pasti akan mencapai keberhasilan.”

Panjul: “Siap, Bos. Saya akan pastikan untuk selalu berusaha dengan keras dan tidak pernah menyerah. Terima kasih atas dukungan Anda, Bos.”

Mentor: “Sekali lagi, sama-sama. Selalu ada di sini untuk membantumu. Jangan ragu untuk datang kembali jika kamu membutuhkan bantuan.”

Berkat saran dan nasihat mentor itulah, Panjul makin yakin akan mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapinya dan melanjutkan perjalanan usahanya.

Langkah berikutnya adalah melewati ambang, di mana Panjul resmi meluncurkan startup-nya dan mulai menerapkan rencananya. Dia menghadapi banyak ujian dan tantangan, tetapi dia mampu mengatasinya dengan tetap setia pada visi dan tidak pernah menyerah.

Dia bergerak ke langkah selanjutnya, tentang masa menghadapi tantangan, di mana dia menemukan bahwa perusahaannya sangat terkena dampak oleh pasar dan dana yang dia miliki semakin sedikit. Dia merasa terjebak, tapi ide untuk menyerah tidak pernah menyentuh pikirannya. Dia tahu bahwa satu-satunya jalan menuju kesuksesan adalah melalui ujian dan kesulitan.

Akhirnya, setelah banyak kerja keras dan pengorbanan, perusahaan startup Panjul sukses. Teknologi inovatifnya mampu mengubah wajah industri perikanan, dan perusahaannya menjadi salah satu yang paling sukses di bidang tersebut. Dia telah mencapai keberhasilan yang diinginkan, dan perjalanannya telah menyelesaikan siklusnya.

Ketika Panjul berhasil dalam menjalankan perusahaan start-up-nya, keberhasilannya tidak terlewatkan oleh berbagai media. Berita tentang keberhasilan Panjul segera menyebar luas dan mendapat perhatian dari berbagai media, termasuk media nasional dan lokal.

Media cetak seperti surat kabar dan majalah bisnis mulai membuat laporan tentang keberhasilan Panjul dan teknologi inovatifnya yang mampu mengubah industri perikanan. Beberapa dari mereka juga mengabadikan wawancara dengan Panjul, yang menceritakan kisah inspirasional dari perjalanan startup-nya dan memberikan saran bagi para pengusaha muda.

Media elektronik seperti televisi dan radio juga tidak ketinggalan dalam meliput kesuksesan Panjul. Mereka menyiarkan berita tentang keberhasilan Panjul dan mengundangnya untuk menjadi tamu di acara bisnis dan teknologi. Beberapa stasiun televisi juga membuat dokumenter tentang perjalanan Panjul dan bagaimana dia mampu mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Media sosial juga ramai dengan pembicaraan tentang keberhasilan Panjul. Banyak netizen memberikan ucapan selamat kepada Panjul dan berbagi kisah inspirasionalnya kepada teman-teman dan keluarga mereka. Beberapa dari mereka juga membuat konten mengenai Panjul dan bagaimana dia mampu mengatasi kesulitan yang dihadapinya.

Secara keseluruhan, media sangat antusias dalam meliput kesuksesan Panjul, sebagai contoh seseorang yang berhasil meraih kesuksesan dari kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.

Keberhasilan Panjul menjadi inspirasi bagi banyak orang dan menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, seseorang dapat mencapai impiannya.

Kisah Panjul adalah kisah kesabaran, tekad, dan tidak pernah menyerah pada impian. Dia menghadapi banyak halangan dan tantangan dalam perjalanannya, namun dia mampu mengatasinya dan mencapai keberhasilan.

Dari cerita tentang Panjul, kita semua dapat terinspirasi untuk mengejar impian kita sendiri dan tidak pernah menyerah, tidak peduli seberapa sulit perjalanan tersebut.

Cerita ini saya buat dengan bantuan ChatGpt. Apakah sampean jadi paham tentang salah satu teknik storytelling, Kisanak?

Iklan

Tagged:

§ One Response to Membuat storytelling dengan teknik the hero’s journey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Membuat storytelling dengan teknik the hero’s journey at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: