Lakonet Pecas Ndahe

Maret 29, 2008 § 28 Komentar

Siapa bilang blogger itu tukang tipu? Siapa bilang blogger itu hacker; blogger itu orang kurang kerjaan; blogger itu suka menyamun halaman situs orang dan mengintip gambar-gambar syur … ???

Barangsiapa masih memiliki imaji keliru tentang blog dan sosok blogger, silakan mampir ke Lakonet. Ini blog tentang kocap kacarita wayang ing babat blog. Halah. Blog apa ini?

Dari yang terbaca di halaman Profil:

Lakonet kepanjangan dari Lakon Internet. Lakon dalam istilah Jawa lazim dikenal wayang. Blog ini digagas untuk menampung ide-ide bagaimana jika lakon atau wayang disajikan lewat media internet, dunia maya.

Penggagas blog ini adalah Ki Harsono Siswocarito. Lakon yang disampaikan Ki Harsono dalam blog ini berbeda dari lakon atau wayang kebanyakan. Lakonet Ki Harsono ini menggunakan estetika sastra pedhalangan seperti suluk, murwa atau pelungan, nyandra janturan dan pocapan, antawacana atau caturan, swara dan omomatopia seperti wayang asalnya tapi disini digarap dengan media yang berbeda.

Ki Harsono Siswocarito ingin menggagas Lakonet, yaitu lakon yang dimainkan dengan media internet. Lakon ini bisa disebut Lakonmaya karena menggunakan media maya.

Blog ini juga bertaut dengan blog saudaranya, Wayang Citra. Pemiliknya sama. Lakonet mulai online 4 Januari 2008, tapi belum terlalu banyak pengunjung yang melongok. Mungkin wayang dan ceritanya sudah ndak jadi hype di kalangan anak muda zaman sekarang.

Barangkali blog itu belum populer. Mungkin juga memang ndak banyak pengunjung yang suka wayang dan cerita jagat pakeliran. Yah, ndak apa-apa. Toh setiap zaman punya hype-nya sendiri. Tak perlu khawatir. Yang penting masih ada orang-orang seperti Ki Harsono yang setia melestarikan budaya wayang.

Harsono sudah memulai. Ia memanfaatkan medium baru: Internet. Usahanya layak didukung dan ditularkan ke delapan penjuru angin. Ia simbol dari masa lalu yang pandai bersiasat memanfaatkan roda zaman yang terus berderak. Entah sampai kapan …

Jadi siapa yang masih berani mengatakan blogger itu tukang tipu? Siapa bilang blogger itu hacker; blogger itu orang kurang kerjaan; blogger itu suka menyamun halaman situs orang dan mengintip gambar-gambar syur???

KAMU?

Iklan

§ 28 Responses to Lakonet Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Lakonet Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: