Terobosan Pecas Ndahe

Maret 22, 2010 § 83 Komentar

Bagaimana Wikipedia menjadi salah satu dari sepuluh situs Internet terbaik? Padahal mereka hanya memiliki selusin karyawan tetap dan tidak memiliki sumber pendapatan lain selain dari donasi-donasi kecil.

Pertanyaan itu tertulis dalam buku Tribes karya Seth Godin. Gara-gara penasaran dan ingin tahu apa jawaban atas pertanyaan yang menggoda itu pulalah saya melanjutkan membaca tulisan Godin.

Dalam buku itu, Godin mengisahkan tentang Jimmy Wales, salah satu pendiri Wikipedia. Cara Wales membangun tribe seperti Wikipedia adalah dengan menyediakan informasi yang bermanfaat.

Ia merangkul kelompok kecil — hanya lima ribu akun anggota untuk mengerjakan hampir keseluruhan artikel berjumlah besar — dan memberi mereka sebuah visi. Ia tidak menginstrusikan apa-apa. Ia tidak mengelola. Ia membiarkan mereka sendiri melakukannya.

Wales menghubungkan setiap anggota tribe dengan menggunakan teknologi yang semakin memudahkan mereka untuk saling berhubungan dan berkomunikasi. Ia membuat sebuah platform yang bisa mereka gunakan untuk berhubungan dengan dunia luar.

Kunci kesuksesan Wales hanya tiga langkah: memotivasi, menghubungkan, dan membuat terobosan.

Aha. Begitu sederhana. Saya bahkan menganggap setiap pemimpin dan tribe berpeluang menjadi seperti Wales dan Wikipedia. Kuncinya: tiga langkah itu.

Peluang itu seperti itu pulalah yang sekarang saya lihat kembali pada situs Plasa.com yang secara resmi akan diluncurkan kembali dengan wajah baru dan fasilitas yang diperbaharui pekan ini.

Apa saja yang baru? Menurut kabar burung, Plasa.com wajah baru akan menyediakan fasilitas e-commerce. Ini fasilitas jual-beli seperti di situs E-bay itu lo. Eh, di Indonesia juga sudah banyak sih yang seperti itu.

Plasa.com dulu hanyalah situs komunitas daring dengan jumlah anggota, konon, mencapai jutaan. Walaupun banyak bermunculan portal komunitas lain, Plasa.com tetap aktif hingga saat ini.

Forum Plasa.com pun sekarang ada versi barunya. Komunitas atau organisasi yang ingin memiliki thread sendiri bisa memakai forum tersebut.

Tapi apakah akan muncul Wales dari komunitas itu, dan Plasa menjelma menjadi 1 dari 10 situs Internet terbesar? Hanya waktu yang akan membuktikan.

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Bagaimana komentar sampean tentang Plasa.com wajah baru?

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 83 Responses to Terobosan Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Terobosan Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: