101010 Pecas Ndahe

November 4, 2010 § 44 Komentar

Sore ini mendung tebal bergulung-gulung, menggantung seperti hendak runtuh, di atas Jakarta. Pemandangan seperti ini terasa begitu mencekam bagi sebagia warga Jakarta. Di benak mereka yang masih berada di jalanan, yang terbayang adalah hujan lebat dan kemacetan lalu lintas yang luar biasa.

Saya kebetulan tak punya rencana ke mana-mana sore ini. Selain khawatir terjebak macet, pekerjaan menumpuk-numpuk seakan tiada habisnya. Walhasil, saya memilih berkelana ke mayantara untuk mencari kabar dan informasi.

Dalam pengembaraan dari satu klik ke klik yang lain itu, tetikus saya mampir ke sebuah kata kunci: flashmob.

Saya penasaran. Tak banyak yang saya ketahui tentang kata ini. Dulu sempat mendengar, tapi tak banyak informasi yang melekat di ingatan.

Setelah mampir di beberapa situs, akhirnya saya sedikit mengenal apa itu flashmob.

Flashmob itu kurang lebih adalah sekumpulan orang di sebuah ruang publik yang mendadak melakukan sesuatu, lalu bubar begitu. Penonton atau khalayak yang kebetulan berada di dekat lokasi terjadinya flashmob dibuat heboh dan bingung sesaat.

Macam-macam aktivitas yang dilakukan dalam flashmob, misalnya menari, mematung, atau bernyanyi secara berbarengan. Flashmob pernah diadakan di kota-kota besar seperti Manhattan, Boston, Chicago, London, Shanghai, Sydney, dan negara Singapura.

Acara serupa juga pernah digelar saat pesta ulang tahun Oprah Winfrey pada September 2009, diikuti lebih dari 20.000 orang. Penggemar Michael Jackson juga melakukan hal serupa di Stockholm, Swedia, pada 2009 sebagai penghormatan terakhir dan diikuti lebih dari 500 orang.

Flashmob ternyata juga pernah berlangsung di Jakarta, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman pada 10 Oktober 2010 alias 101010. Iya, sampean boleh menyebut saya ketinggalan informasi. Maaf, kadang-kadang saya memang kuper 😀

Dari laporan di beberapa situs, tarian bersama yang dilakukan ribuan orang selama empat menit di Jalan Sudirman itu merupakan acara flashmob terbesar yang pernah dilakukan di Indonesia. Ribuan orang tersebut menari diiringi lagu Love Today milik Mika.

Kabarnya lokasi flashmob ini disimpan rapat-rapat oleh penyelenggara sebelum hari H. Para peserta baru tahu lokasinya pada H-1. Sedangkan persiapan acara dilakukan dalam waktu 25 hari. Para peserta yang berminat mendaftar melalui berbagai jaringan sosial seperti twitter dan situs khusus flashmob.

Tersiar kabar juga bahwa penyelenggara juga akan mengadakan flashmob di Bandung. Lokasinya bisa di mana saja, di mal, jalan, kantor, dan di mana saja. Saya bayangkan acara lanjutan ini pasti juga bakal seseru yang pertama. Ah, saya jadi tertarik ingin nonton….

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Apakah sampean pernah menonton flashmob?

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ 44 Responses to 101010 Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 101010 Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: