iPhone 5 Pecas Ndahe

Desember 15, 2012 § 55 Komentar

KEHEBOHAN itu terjadi di linimasa Twitter saya. Sepanjang pekan ini tiba-tiba muncul tanda pagar #AntriLikeAKing dari kicauan beberapa teman yang saya ikuti.

Tanda pagar itu keluar pada waktu-waktu tertentu. Dan pekicaunya terlihat seperti saling bersahut-sahutan satu sama lain. Ada apakah gerangan?

iPhone 5 Vs iPhone 4

iPhone 5 Vs iPhone 4

Karena penasaran, saya pun menelusurinya. Saya ingin tahu ada apa di balik tanda itu. Selain itu, saya merasa kata “antri” itu salah. Yang benar “antre”.

Setelah membuka-buka beberapa linimasa di Twitter, saya menemukan jawaban atas teka-teki tanda pagar #AntriLikeAKing Lebih-lebih setelah Jumat kemarin beredar foto-foto orang mengantre di mal.

Ternyata tanda itu merupakan kampanye perusahaan telko XL yang sedang memasarkan gadget paling ditunggu penggemarnya: iPhone5.

Paket bundle iPhone5 dari XL

iPhone 5 adalah penerus generasi produk sebelumnya, iPhone 4 dan 4S. Dibanding dua kakaknya, secara sekilas sosok iPhone 5 tidak berbeda jauh. Bentuk dan penempatan tombol-tombolnya pun masih sama. Hanya saja, ukurannya lebih tipis dan layarnya lebih besar.

Ketebalan bodi iPhone 5 hanya 7,6 mm dan beratnya 112 gram. Ukuran ini 20 persen kebih ringan dan 18 persen lebih tipis dibandingkan iPhone 4S. Adapun material dari alumunium dan kaca.

hot iphone

Bagaimana layarnya monitornya? Dengan ukuran layar 4 inci, iPhone 5 terlihat lebih besar dibanding pendahulunya yang layarnya 3,5 inci. Dengan layar yang sedikit lebih besar tersebut, tampilan menu aplikasi di iPhone 5 menjadi lima baris.

Teknologi layar yang digunakan masih sama, yaitu “retina display” dengan resolusi 1.136 x 640 pixel dan aspek rasio 16 x 9. Sedangkan kepadatan pixelnya 326ppi (pixel per inch).

Di dalam iPhone 5 ditanamkan prosesor A6 sebagai otaknya. Apple mengklaim bahwa prosesor A6 punya CPU dua kali lebih cepat dan kemampuan grafis dua kali lebih hebat dibandingkan prosesor A5. Padahal ukurannya lebih kecil 22 persen.

Prosesor ini juga diklaim membuat baterai iPhone 5 bertahan lebih lama ketimbang iPhone 4S dalam pemakaian normal. Tapi kalau sampean sangat aktif memainkan pelbagai aplikasi dan media sosial, seperti Twitter, Line, Instagram, atau Path yang terus menerus mengirimkan notifikasi, ya baterainya pasti cepat wasalam.

A6 dibuat dengan proses manufaktur 32mm dan berbasis desain dual core ARM Cortex A15. Prosesor itu mengolah sistem operasi baru iOS 6 yang diusung iPhone 5. iOS 6 membawa beberapa pembaharuan, seperti peta 3D yang detail, dan integrasi yang erat dengan Facebook.

Di iOS 6, browser Safari mempunyai pilihan “full screen”. Ada juga fitur bernama Passbook. Ini aplikasi untuk mengelola tiket atau kupon elektronik.

Bagaimana kualitas kameranya? iPhone 5 memanjakan para penggemar fotografi dan pengguna Instagram dengan menyediakan kamera beresolusi 8 megapixel, sama seperti iPhone 4S. Tapi ada tambahan beberapa kemampuan baru, seperti pilihan gambar panorama resolusi 28 megapixel.

Kamera iPhone 5 juga mampu menjepret foto dengan kualitas lebih baik dalam situasi minim cahaya. Yang saya suka, kamera iPhone 5 dapat menjepret 40 persen lebih cepat dibanding pendahulunya.

Saya sempat mencoba kamera iPhone 5 untuk memotret daun teratai. Hasilnya lebih tajam dibanding kamera iPhone 4 lama saya. Dan dia mampu memotret dalam jarak yang lebih dekat tanpa kehilangan fokus, seperti contoh di bawah ini.

Teratai - Instagram

Teratai – Instagram

Saya juga sempat mencoba fitur panorama yang dicangkokkan ke kamera iPhone5.

panorama iPhone 5

Saya lihat iPhone 5 sudah mempunyai konektivitas 4G LTE (Long Term Evolution). Meskipun tidak terlalu istimewa — karena sudah banyak ponsel yang mempunyai fitur sama sejak lama. — sambungan ke jaringan pita lebar standar LTE, membuat pengguna bisa menikmati kecepatan mengunduh sampai ratusan Mbps. Tentunya tergantung layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi.

Meski begitu, jangan risaukan soal LTE yang belum terpasang di Indonesia yang membuat pemakaian iPhone 5 belum optimal. XL sebagai salah satu operator yang menjual iPhone 5 menjanjikan koneksi cepat dan stabil. Jadi sampean masih tetap dapat menikmati akses Internet dengan nyaman.

>> Selamat hari Sabtu, Ki Sanak. Apakah hari ini sampean jadi mau beli iPhone 5?

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 55 Responses to iPhone 5 Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading iPhone 5 Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: