Lilin Pecas Ndahe

Januari 28, 2013 § 60 Komentar

Bagaimana cara membuat patung lilin seperti di Museum Madame Tussauds? Saat mampir ke museum cabang Bangkok tempo hari, saya memperoleh sedikit gambaran mengenai pembuatan patung lilin. Tentu saja bukan dalam bentuk patung utuh, melainkan hanya sebagian bagian tubuh saja.

foto-a

Museum itu menyediakan layanan membuat cetakan tangan dari lilin. Jasa ini tersedia di ruangan paling ujung. Ongkosnya cukup murah, 150 Baht atau sekitar Rp 48 ribu (satu tangan) dan 200 Baht (dua tangan). Sedangkan proses pembuatannya membutuhkan waktu hanya sekitar 20 menit.

Proses membuat cetakan tangan dari lilin itu dimulai dengan membersihkan tangan yang hendak dibuat cetakannya dengan body lotion.

Setelah tangan bersih, lalu dicelupkan ke cairan lilin panas beberapa kali. Tangan yang sudah dilumuri lilin kemudian dimasukkan beberapa kali ke dalam air dingin agar lilin membeku.

Proses pembuatan cetakan tangan dari lilin.

Proses pembuatan cetakan tangan dari lilin.

Lilin beku yang membalut tangan lalu dilepas dengan hati-hati agar tak rusak. Begitu balutan lilin dilepas, jadilah cetakan tangan. Tapi proses belum selesai. Cetakan harus dicelupkan kembali ke air panas beberapa kali agar rapi.

Proses pencelupan ke air panas dilakukan beberapa kali sampai cetakan tangan benar-benar rapi. Setelah itu rapi, cetakan dimasukkan ke air dingin agar cetakan lilin mengeras dan bentuknya tak berubah lagi. Cetakan yang membeku kemudian dilap.

Proses terakhir adalah memberi warna cetakan tangan yang sudah rapi dan mengeras itu. Pewarnaan dilakukan dengan cara mencelupkan cetakan ke cairan warna. Pengunjung bebas memilih warna yang diinginkan sesuai selera.

Setelah pewarnaan kelar, harus ditunggu beberapa menit sampai benar-benar kering dan cetakan tangan dari lilin itu siap dibungkus untuk dibawa pulang sebagai kenangan-kenangan.

kotak Wax Hand Dip siap dibawa pulang.

kotak Wax Hand Dip siap dibawa pulang.

Mau coba?

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah sampean mau dijadikan patung jadi lilin?

Iklan

§ 60 Responses to Lilin Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Lilin Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: