Beritagar Pecas Ndahe

September 11, 2015 § 34 Komentar

Terhitung mulai 1 Agustus 2015, saya pindah pekerjaan ke situs Beritagar.id. Dulu situs ini dikelola oleh teman-teman di Jalan Langsat, Jakarta.

Pada Senin, 24 Agustus 2015, situs ini bersalin rupa. Serba baru. Baik nama, logo, tata muka, jenis huruf, warna, maupun para jurnalis yang bekerja di ruang redaksi, telah berubah.

beranda Beritagar.id

Halaman depan situs Beritagar.id


Beritagar.id versi baru merupakan gabungan dari situs kurasi publik, Lintas.me, dengan situs kurasi Beritagar.com.

Pada praktiknya Beritagar.id melakukan agregasi, pengumpulan aneka konten dari pelbagai sumber di Internet. Meski demikian, Beritagar.id tidak sekadar membuat daftar tautan, seperti yang dikenal selama ini tentang situs agregasi.

Tim redaksi Beritagar.id berperan menyunting dan menceritakan kembali sebuah konten kepada pembaca. Jika datanya tak cukup atau meragukan, redaksi akan melakukan verifikasi dan melengkapinya dari sumber lain yang kredibel.

Beritagar.id adalah situs berita pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis beragam konten yang bertebaran — sebagai data untuk diolah dan diceritakan kembali. Teknologi ini dikenal dengan nama computer-assisted reporting — teknologi pelaporan dengan bantuan komputer.

Ilmuwan komputer Jim Geovedi dan tim Rekanalar mengembangkan teknologi khusus untuk Beritagar.id itu sejak November 2013. Teknologi yang dikembangkan Jim berbasis Machine Learning (ML) dan Natural Language Processing (NLP).

NLP adalah bidang ilmu komputer yang berhubungan dengan kecerdasan buatan dan komputasi linguistik, seputar interaksi antara bahasa manusia dan komputer. Sedangkan ML adalah bagian ilmu komputer yang berfokus pada pengenalan pola dan pembelajaran oleh kecerdasan buatan.

Beritagar.id juga memanfaatkan teknologi lain karya tim Rekanalar untuk menyajikan konten yang relevan, yaitu mesin rekomendasi. Mesin ini mampu secara pintar memprediksi konten atau iklan yang relevan dengan pembaca, tanpa pembaca merasa terganggu.

Konten-konten Beritagar.id mengandalkan data yang dikemas ulang, baik dalam bentuk tulisan, infografik maupun videografik. Data sangat penting untuk memberi perspektif yang lebih luas bagi pembaca terhadap sebuah isu. Bekerja sama dengan lembaga riset, Loop Indonesia, data ini akan disajikan setelah melalui proses penyaringan.

Konten di Beritagar.id diracik dengan mematuhi prinsip, kaidah, dan etika jurnalistik. Beritagar.id juga mengutamakan praktik jurnalistik yang adil, tak memaki, dan menghakimi.

Sebagai media, tentu saja Beritagar.id bukanlah benda suci yang tak akan luput dari kesalahan. Beritagar.id menyediakan diri untuk dikoreksi dan meminta maaf jika kelak terjadi kesalahan dalam peliputan dan penulisan berita.

Dengan wajah baru ini, Beritagar.id berharap mampu menjadi media yang ikut memperbaiki kualitas hidup dan mengembangkan pilihan-pilihan baru dalam bacaan. Harapan ini sesuai dengan visi dan misi Beritagar.id untuk ikut “Merawat Indonesia.”

>> Selamat hari Jumat, Ki Sanak. Bagaimana pendapat sampean tentang situs Beritagar ini?

Iklan

Tagged: , , , , , , , ,

§ 34 Responses to Beritagar Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Beritagar Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: