Gempa Pecas Ndahe

Agustus 10, 2007 § 25 Komentar

Setelah banjir merendam Jakarta tempo hari, banyak pengembang perumahan yang memasang iklan di mana-mana dengan kalimat yang tertulis besar-besar, “Bebas Banjir.”

Nah, setelah gempa bumi bergoyang di mana-mana, termasuk pada Kamis dini hari kemarin, kira-kira ada ndak ya pengembang perumahan yang berani mengklaim kawasan yang dijualnya dengan kata-kata, “Bebas Gempa”?

Soalnya begini, Ki Sanak. Fakta menunjukkan bahwa gempa bumi, baik yang tektonik maupun vulkanik, tak menggoyang semua daerah. Lindu hanya melanda daerah-daerah yang masuk dalam jalur gempa tektonik (kawasan sesar dan patahan), atau kawasan yang termasuk “Ring of Fire”.

Tingkat kerusakan gempa di tiap wilayah pun berbeda-beda. Daerah yang berada di atas batuan keras, misalnya, kemungkinan besar tak terlalu parah jika dilanda gempa. Sebaliknya, kawasan yang berada di atas tanah lembek kemungkinan besar bakal babak belur bila kena gempa.

Nah, bila kita bisa mengetahui apakah sebuah daerah itu masuk jalur gempa atau tidak, dan bagaimana struktur tanah di bawahnya, boleh jadi kita juga dapat memperkirakan daerah mana saja yang rawan atau justru bebas gempa.

Berdasarkan analisis itulah, para pengembang perumahan sebetulnya punya keberanian untuk mengklaim rumah yang dibangunnya bebas gempa atau tidak.

Aha, tentu saja ini analisis ngawur dari seorang blogger sok tahu seperti saya. Sampean boleh-boleh saja meragukan kebenarannya.

Toh saya juga ndak berani kok mengklaim telah menemukan daerah yang benar-benar bebas gempa bumi versi 3 stanza, apalagi sampai bikin konperensi pers dan mengundang wartawan.

Ayo, siapa berani pasang iklan perumahan bebas gempa?

Iklan

§ 25 Responses to Gempa Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Gempa Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: