Debat Pecas Ndahe

November 20, 2007 § 46 Komentar

Hohoho … belum sebulan nge-blog dan bergaul di ranah blog, Yusril Ihza Mahendra sudah melakukan perang terbuka melawan para pengritiknya di Indonesia Matters. Seru sekali mereka berperang kata sampai muncul yang kasar-kasar.

Ini perkembangan penting dan menarik untuk diikuti. Dan, buat kita sebetulnya, ndak penting siapa yang benar, dan siapa yang salah. Yang penting kedua belah pihak mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyampaikan argumen masing-masing.

Saya ndak pernah membayangkan debat terbuka seperti ini bakal terjadi seandainya Yusril masih menjadi pejabat tinggi, baik sewaktu menjadi Menteri Kehakiman atau Menteri-Sekretaris Negara.

Lihat betapa kuatnya virus pengaruh blog bagi seseorang.

Saya jadi berandai-andai, seandainya para pejabat publik yang masih duduk di kursi jabatannya sekarang ini punya blog juga, lalu ada satu isu kontroversial yang menyangkut mereka, kira-kira apa yang terjadi ya?

Mungkin akan terjadi lebih banyak perang kata lagi. Mungkin juga tidak. Tapi, satu hal jelas akan terjadi adalah publik di blogosphere akan mendapat tontonan bacaan baru. Apakah bacaan itu sehat atau justru buruk bagi kesehatan, itu urusan sampean.

Jika saja para pejabat publik itu benar-benar mau nge-blog, ranah blog di Indonesia jelas juga akan memasuki babak baru. Era keterbukaan.

Ini sehat untuk demokrasi. Publik akan bisa menilai sendiri, siapa yang benar dan siapa yang amburadul. Publik juga bisa mengontrol kinerja para pejabat publik.

Pejabat publik yang nge-blog pasti akan makin hati-hati bekerja dan ndak bisa bertingkah seenak udelnya sendiri. Kalau sampai salah ambil keputusan, apalagi korupsi, bisa dibayangkan akibatnya. Blognya pasti akan penuh caci maki, atau minimal kritik tajam.

Blogmu harimaumu.

Tentu saja saya semakin senang menikmati perubahan ini. Saya jadi bisa belajar banyak tentang transparansi, demokrasi, perbedaan pendapat, silat kata, dan seterusnya, tanpa harus baku parang.

Pena toh bisa lebih tajam ketimbang pedang?

Jadi siapa lagi pejabat yang mesti kita ajak nge-blog, Ki Sanak? Hohoho …

Iklan

§ 46 Responses to Debat Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Debat Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: