Rumor Pecas Ndahe

Juni 5, 2008 § 57 Komentar

Rumor itu beredar dari milis ke milis, juga di beberapa blog dan situs jurnalisme warga. Isinya kurang lebih begini:

Hari Kamis tgl 29 Mei 2008 di bandara Soekarno Hatta telah dilakukan pemeriksaan terhadap para calon penumpang yang membawa komputer.

Kepada mereka yang komputernya terinstallasi software-software tidak berlisensi, dilakukan sidang di tempat dan dikenakan denda sebesar Rp 9.500.000,- per komputer. Selanjutnya komputer ditahan dan harus ditebus di polres yang telah ditentukan.

Menurut info yang didapat, pemeriksaan komputer ini telah dilakukan selama seminggu oleh aparat kepolisian beserta tim HAKI di bandara, cafe-cafe dan tempat umum lainnya.

Kejadian ini disaksikan langsung oleh pak Rahmat Saptadirdja (Xsis) dan pak Bima Kurniawan (Anabatic) yang akan melakukan perjalanan melalui bandara Soekarno Hatta.

Kepada rekan-rekan yang menggunakan komputer notebook, harap berhati-hati dalam menggunakan komputernya di tempat umum dan segera melegalisir software-software yang digunakan atau menghapus software yang tidak legal.

Kabar itu memicu keresahan di kalangan pemakai laptop/notebook, terutama yang memakai sistem operasi ilegal. Tapi, para aktivis sistem operasi terbuka justru menunggangi memanfaatkan kabar itu sebagai bahan kampanye penggunaan peranti lunak terbuka.

Saya ndak keberatan sama sekali terhadap kampanye pemakaian sistem operasi legal. Masalahnya, apakah razia peranti lunak ilegal itu benar-benar terjadi? Jawabannya: TIDAK!

Meski isu ini sudah agak basi, koran yang ringkas dan cergas itu telah memastikan bahwa rumor tentang razia laptop di beberapa tempat umum tak lebih dari isapan jempol.

razia laptop itu isapan jempol

Jadi singkirkan kekhawatiran itu segera, Ki Sanak … paling tidak untuk sementara ini.

Iklan

§ 57 Responses to Rumor Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Rumor Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: