Deface Pecas Ndahe

Juni 16, 2008 § 25 Komentar

Deface, crack, penyusupan, penyamunan digital, dan sebangsanya tampaknya memang aksi yang hebat dan bisa membuat orang berdecak kagum.

deface kpu jatim

Tak jarang aksi itu bahkan memicu gelak tawa jika menyangkut orang yang sangat kita kenal. Apalagi bila aksi penyusupan digital itu dilakukan di situs-situs milik pemerintah atau lembaga resmi, seperti Komisi Pemilihan Umum, Jawa Timur.

Tapi, terus terang saya malah cemas melihat fenomena itu, apalagi frekuensinya kian sering belakangan ini. Saya khawatir aksi semacam ini akan menimbulkan dampak yang tak terduga, kontra produktif, dan membahayakan kebebasan hak publik mendapatkan informasi.

Saya merasa merajalelanya serangan yang membabi-buta, terutama ke situs-situs pemerintah dan organisasi publik berpotensi menimbulkan gelombang tuntutan agar ranah Internet diatur, dikontrol, dan diawasi ketat. Tuntutan itu bisa dari tokoh yang merasa dirugikan, bisa dari lembaga, pemerintah, atau siapa saja.

Barangkali saya berlebihan. Tapi, seandainya Internet lalu benar-benar dikontrol kelak hanya gara-gara merebaknya aksi penyusupan, siapa yang rugi? Sang tokoh, blogger, hacker, cracker, atau publik? Saya kira sampean jauh lebih tahu jawabannya ketimbang saya.

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah sampean sudah berbuat baik hari ini?

Iklan

§ 25 Responses to Deface Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Deface Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: