Presiden Pecas Ndahe

Agustus 7, 2008 § 75 Komentar

Seseorang tibat-tiba datang dan mengajukan pertanyaan aneh. Saya bilang aneh karena ia bertanya begini.

“Ndoro, para mantan presiden dan presiden kita sekarang itu sebetulnya saling mengenal nggak sih? Kalau kenal, kenapa saya jarang melihat mereka saling berkunjung? Mengapa mereka tak pernah terlihat bersama-sama di luar acara resmi kenegaraan, dalam suasana yang bersahabat?

Almarhum Soeharto, misalnya. Ketika dia berkuasa dulu, rasa-rasanya nggak pernah terlihat pernah bertandang ke rumah Soekarno. Kalaupun pernah, saya belum sekalipun melihat foto mereka berdua dalam situasi santai, saling merangkul dan tertawa.

B.J. Habibie, penerus Soeharto, yang sempat menjadi presiden sebentar, begitu juga. Ia nggak pernah terlihat mendatangi Cendana setelah jadi presiden. Soeharto pun seingat saya nggak pernah main ke kediaman resmi Habibie.

Lalu Abdurrahman Wahid kayaknya belum pernah berkunjung ke rumah Habibie ketika jadi presiden, apalagi berfoto berdua di kediaman resmi mereka.

Setelah Abdurrahman dilengserkan dan Megawati Soekarnoputri naik, saya pun nggak pernah melihatnya mengetuk pintu rumah Abdurrahman. Atau Abdurrahman yang gantian berkunjung ke rumah Megawati.

Susilo Bambang Yudhoyono sama saja. Setelah empat tahun menjadi presiden, ia belum pernah terlihat umum mendatangi rumah Megawati, apalagi ngobrol santai layaknya dua sahabat.

Mungkin saya salah, dan melewatkan perisitiwa saling kunjung itu. Maklum, saya nggak tiap hari baca koran atau nonton berita di televisi. Sampean mungkin lebih tahu.

Benarkah para presiden kita saling bermusuhan, Ndoro? Kalau iya, aneh sekali.”

Terus terang saya ndak bisa menjawab pertanyaan itu segera. Ingatan saya terlalu pendek untuk mengenang acara-acara non resmi para presiden yang penuh kehangatan.

Adakah di antara sampean yang bisa menjawab pertanyaan teman saya itu. Benarkah para presiden kita tak pernah saling mengunjungi sebagai layaknya sahabat?

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Apakah hari ini sampean sudah mengunjungi rumah atau kantor sahabat sampean?

Iklan

Tagged: , , , , , , , , , , ,

§ 75 Responses to Presiden Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Presiden Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: