Antara Pecas Ndahe

September 4, 2008 § 55 Komentar

Benarkah lagu-lagu Indonesia akan dibatasi pemutarannya di radio-radio Malaysia? Semula saya terpana membaca berita dari Kantor Berita Antara ini setelah diberitahu Paman Budayawan itu.

sensasional, sumir

sensasional, sumir

Saya pikir ini bakal jadi berita besar dan kontroversial. Bayangkan, bagaimana mungkin negeri jiran itu akan memblokade penyiaran lagu-lagu Indonesia di stasiun-stasiun radio mereka?

Apakah mungkin mereka melawan jaringan industri rekaman global? Bukankah para penyanyi Indonesia bernaung di bawah label internasional dengan jangkauan kekuasaan ke mana-aman? Apakah tindakan Malaysia itu tak melanggar perjanjian WTO dan AFTA?

Saya makin penasaran setelah membaca situs-situs berita daring dalam negeri, seperti The Jakarta Post dan Kompas, dan Inilah.com ternyata ikut-ikutan mengutip kabar itu. Semua situs berita daring itu menyebut Antara dan Malaysia Kini sebagai sumber mereka.

Karena Paman Tyo penasaran, dan skeptis, saya jadi ikut menelusuri kebenaran kabar itu langsung ke sumbernya yang disebut oleh Antara adalah Malaysia Kini.

Setelah mengklik situs berita Malaysia Kini dan menelusuri hampir seluruh halaman arsipnya, ternyata berita yang dimaksud tak saya temukan. Kami tak menyerah, lalu mencoba mencarinya lewat Google. Tak ada juga. Aneh!

Saya mulai mencium ada yang tak beres dengan berita itu. Jangan-jangan ada yang menyulap berita. Jangan-jangan ada rekayasa. Apakah Antara hanya bikin gosip? Cari sensasi?

Entah. Saya mungkin bisa salah dan luput mendapatkan sumber berita yang sebenarnya. Barangkali saja Malaysia memang berencana membatasi peredaran lagu Indonesia. Bisa jadi mereka tak ingin telinga warganya terjajah oleh musisi negeri sebelah. Tapi, kalaupun berita itu benar adanya, sungguh tetap aneh bagi saya. Selera kok dihalang-halangi ….

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Apakah sampean percaya Malaysia akan memblokade lagu-lagu penyanyi Indonesia?

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ 55 Responses to Antara Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Antara Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: