SMS Pecas Ndahe

Februari 4, 2009 § 55 Komentar

SMS KampanyeHari ini pemerintah mengesahkan regulasi mengenai kampanye pemilihan umum lewat SMS. Dengan aturan ini, partai politik peserta pemilu diperbolehkan mengirimkan SMS kampanye ke para pelanggan telepon seluler.

Terus terang saya belum tahu seperti apa nanti bentuk dan mekanisme SMS kampanye itu. KPU dan para operator telekomunikasi baru akan mensosialisasikan aturan ini dalam waktu dekat. Entah lewat apa.

Hanya saja, tiba-tiba saya terbayang bakal menerima luberan pesan pendek setiap hari. Para juru kampanye partai tentu akan mengirimkan seabrek SMS ndak bermutu ke para pengguna handphone, termasuk saya dan sampean semua.

Isi SMS kemungkinan besar tentang pesan-pesan sosial, misalnya, “Katakan tidak pada narkoba”. Sebab, salah satu isi regulasi ini mengatur tentang larangan black campaign oleh peserta parpol untuk menjelek-jelekkan partai lain.

Apakah kita bisa menolak SMS pesan kampanye itu? Katanya sih, bisa. Operator diminta menyediakan fasilitas “unreg” atau “stop”.

Pengguna yang merasa terganggu oleh SMS blast atau menerima SMS berisi kampanye hitam, dapat melaporkannya ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Laporan itu lalu akan ditindaklanjuti oleh regulator telekomunikasi yang akan berhubungan dengan operator telekomunikasi.

Tapi terus terang saya belum yakin mekanisme pengaduan akan berjalan lancar mengingat banyaknya pekerjaan Panwaslu. Mereka harus mengawasi sekian banyak potensi pelanggaran kampanye di seluruh penjuru Indonesia. Terlalu sedikit mata pengawas, terlalu banyak pelanggar.

Saya juga ndak terlalu optimistis pesan kampanye itu efektif. Soalnya para juru kampanye partai politik itu banyak yang ndak kreatif. Lihat saja iklan-iklan konvesional mereka di media massa yang miskin gagasan dan konsep.

Saksikan pula bagaimana para calon legislator itu menjual diri di pagar, dinding kota, pohon-pohon dan tiang-tiang listrik. Potret diri mereka nyaris seragam dan kehilangan daya pesona. Gambar mereka malah mengotori lingkungan.

Jadi, rasa-rasa saya sih, para pelanggan layanan telepon seluler bakal malah terganggu oleh SMS kampanye. Entah kalau menurut sampean ….

>> Selamat menikmati Rabu sore, Ki Sanak. Apakah hari ini sampean sudah mulai menerima SMS kampanye?

Iklan

Tagged: , , , , , , , , , , ,

§ 55 Responses to SMS Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading SMS Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: