Gravatar Pecas Ndahe

Juli 14, 2009 § 49 Komentar

WordPress menampilkan beberapa fitur baru: gravatar, rating, dan vote. Apakah sampean sudah mencoba?

Ini mungkin berita baru buat saya. Barangkali juga sesuatu yang basi buat sampean. Tapi saya baru sadar ada yang berubah dari blog saya yang numpang hosting di wordpress.com ini. Entah sejak kapan persisnya perubahan ini terjadi. Dugaan saya sih, baru beberapa hari yang lalu.

Apa saja perubahan baru itu? Jika sampean perhatikan, sekarang blog ini memiliki gravatar ikon ndoro kakung sendiri. Letaknya di pojok kiri atas halaman blog. Dulu, gravatar ini bergambar huruf W, simbol WordPress, yang legendaris itu.

gravatar

Dari mana gravatar itu berasal? Setelah saya telisik, rupanya gravatar itu berasal dari gambar yang saya unggah di bagian profil pengguna wp.

Nah, ini dia gambarnya.

gravatar-setting

Sekilas, perubahan ini terasa kecil dan tiada artinya. Tapi, buat saya, sentuhan kecil ini justru sungguh sangat berarti. Pengelola wp tampaknya ingin memberi personalisasi dan mengelus ego para narablog yang numpang hosting. Caranya, memberi kesempatan setiap narablog menampilkan dirinya sendiri. Padahal keistimewaan ini dulu hanya milik narablog berbasis wp swahosting.

Penghargaan kepada narablog juga diwujudkan dengan tersedianya dua fitur baru: rating dan voting. Dua fitur ini berada di bagian bawah setiap posting. Dengan fitur rating, sekarang pembaca bisa memberi nilai setiap posting. Pembaca bahkan bisa ikut memberi vote untuk setiap komentar pembaca lain yang tertera di bawah posting.

vote

Setelan (setting) untuk fitur rating dan vote ini ada di kolom kiri dashboard wp.

rating-setting

Dengan dua fitur rating dan vote ini, pengelola wp terkesan hendak meningkatkan kualitas interaksi antara pemilik blog dan pengunjung, serta pengunjung dan pengunjung. Pengunjung bisa lebih mengapresiasi sang narablog dan pengunjung lainnya. Konsep ini mirip dengan karma di Plurk atau pamor di Politikana.

Keren ya? Sampean tertarik mencoba? Jangan lupa ya memberi rating untuk posting ini. Dan jangan lupa pula, nanti siang ada posting baru di sini, tentang Pesta Blogger 2009. Sampai nanti …

>> Selamat hari Selasa, Ki Sanak. Apakah sampean sudah mengotak-atik blog sampean yang numpang di wordpress.com?

Iklan

§ 49 Responses to Gravatar Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Gravatar Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: