Konferensi Pers Pecas Ndahe

Juli 14, 2009 § 82 Komentar

Ketika matahari tengah memanggang Jakarta seperti saat ini. Saat sampean mengusap perut yang kekenyangan setelah makan siang. Sewaktu kondektur bus kota berteriak dengan suara serak memanggil-manggil penumpang di terminal yang kerontang ….

Cahyana, Iman Brotoseno, dan Cameron Hume

Cahyana, Iman Brotoseno, dan Cameron Hume


Nun di sebuah ruangan yang adem dan nyaman, sejarah tengah dipahat. Para narablog tengah menggelar konferensi pers mengenai perhelatan akbar tahunan yang legendaris itu: Pesta Blogger 2009.

Konferensi pers dilakukan di Departemen Komunikasi dan Informatika, Jakarta. Hadir dalam acara ini, antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika M. Nuh, Duta Besar Amerika Serikat Cameron Hume, Chairman Pesta Blogger 2009 Iman Brotoseno, panitia, dan tamu-tamu lain. Acara ini sekaligus menandai dimulainya rangkaian kegiatan Pesta Blogger 2009.

Pesta Blogger 2009 digelar ketika media sosial, termasuk blog, berkembang sangat pesat di Indonesia tahun ini. Saat ini ada sekitar 31 juta pengguna internet di Indonesia, dan sekitar satu juta di antaranya adalah blogger. Jumlah ini meningkat pesat dibandingkan tahun sebelumnya yang 600 ribu.

Tema Pesta Blogger 2009 adalah Satu Semangat Satu Bangsa. Tema ini dipilih sebagai penanda kembalinya semangat dan solidaritas kolektif bangsa Indonesia setelah berakhirnya masa pemilu legislatif dan presiden yang membuat kita terkotak-kotak.

“Ini adalah waktu untuk memulihkan diri dan melakukan konsolidasi, sehingga kita bisa maju bersama-sama sebagai satu kekuatan,” kata Iman Brotoseno.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan panitia, disebutkan bahwa Pesta Blogger 2009 akan digarap lebih baik lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan akan melibatkan lebih banyak komuitas di luar Jakarta dan Jawa.

Bekerja sama dengan Keduataan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, sponsor utama Pesta Blogger, Panitia Pesta Blogger merancang rangkaian Blogshops (blogging workshops) di berbagai kota di Indonesia, dan mengadakan ajang Pesta Blogger regional dengan skala lebih kecil sebelum acara puncak di Jakarta pada 24 Oktober 2009.

Blogshops diadakan untuk mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia terlibat dalam aktivitas blogging dan untuk melakukannya secara bertanggung jawab, konstruktif, kritis, dan dengan kesadaran sosial yang tinggi. Panitia Pesta Blogger akan mengunjungi kota-kota tempat diadakannya Blogshops dan juga akan bergabung dengan komunitas blogger lokal untuk merayakan Pesta Blogger ‘mini’ untuk menyambut puncak acara di Jakarta.

Kota-kota tempat berlangsungnya Pesta Blogger Mini itu adalah Malang (28 Juli), Semarang (4 Agustus), Bandung (12 Agustus), Balikpapan (20 Agustus), Samarinda (21 Agustus), Makassar (27 Agustus), Surabaya dan Medan (antara 2-9 September), Yogyakarta (7 Oktober), dan Palembang (12 Oktober). Sampean jangan lupa mencatat jadwal ini, dan pastikan ada di salah satu satu kota itu pada saat kegiatan berlangsung.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Muhammad Nuh, yang secara penuh mendukung Pesta Blogger sejak pertama kali, menyatakan kegembiraannya meihat perkembangan Pesta Blogger dari tahun ke tahun.

“Saya sangat senang melihat Pesta Blogger melebarkan sayap kegiatannya ke lebih banyak kota di seluruh Indonesia tahun ini, dan mengangkat tema One Spirit One Nation. Sekarang kita mempunyai kesempatan besar untuk menggerakkan Indonesia bersama-sama dan bekerja sama untuk memperbaiki ekonomi dan kebesaran bangsa ini,” kata Muhammad Nuh.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Cameron R. Hume, menyatakan bahwa Kedubes AS bangga mendukung dan menjadi sponsor Pesta Blogger untuk kedua kalinya. Kebebasan berpendapat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem demokrasi yang berkesinambungan. Indonesia memiliki demokrasi yang kuat dan dinamis, dan perkembangan pesat komunitas blogger mengindikasikan hal tersebut.

“Kami mendukung Pesta Blogger karena teknologi itu sesuatu yang menyenangkan. Kedua, karena kebebasan berekspresi memang perlu didukung,” kata Hume.

Pesta Blogger sudah dimulai. Di tangan sampean semualah, para narablog Indonesia, acara ini jadi seru atau justru lesu.

>> Selamat Selasa siang, Ki Sanak. Apakah hari ini sampean kembali bersemangat sebagai narablog?

Iklan

Tagged: , , , ,

§ 82 Responses to Konferensi Pers Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Konferensi Pers Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: