QR-Code Pecas Ndahe

Juli 20, 2009 § 42 Komentar

qr code untuk posting iniSeseorang tiba-tiba mengusulkan saya menulis tentang QR code. Alasannya, ini teknologi baru yang sedang ngetrend. Banyak pihak juga sudah memasangnya di pelbagai jenis produk.

Karena penasaran, saya pun mencari informasi tentang QR Code.

QR Code adalah kode matriks (barcode dua dimensi) yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Denzo Wave, pada 1994. Jadi siapa pun mestinya tak perlu gembar-gembor sebagai pelopor pemakaian QR di Indonesia dan berbangga diri karena teknologi ini yang sebenarnya sudah usang.

Bloger kondang, Maseko, bahkan sudah menuliskan soal QR Code ini persis setahun yang lalu di sini.

QR adalah singkatan dari quick response, sesuai harapan pembuatnya yang menginginkan kode ini segera didekode. Seperti halnya barcode, di balik kode matriks itu tersimpan data, yakni informasi kontak, alamat email, url, nomor telepon, nama perusahaan, geoposisi, jadwal acara, dan teks.

Untuk membuatnya, sampean harus memakai aplikasi yang disebut QR Code generator, contohnya di Zxing dan di Kaywa. Masukkan saja datanya di situ. Tinggal klik. Beres.

Posisi rumah saya, misalnya, bila dikodekan oleh generator itu menjadi seperti ini:

qr-code rumah

Dulu QR Code dipakai mendata suku cadang kendaraan. Tapi setelah spesifikasi QR Code dibuka untuk umum, pemakaiannya pun meluas, misalnya di buku, kartu nama, majalah, suratkabar, neosign, billboard, plang nama toko, dan sebagainya.

Kode itu bisa dibaca oleh handphone, dengan menggunakan QR Code reader atau scanner. Para pemakai handphone Nokia bisa mengunduh readernya di halaman ini. Untuk handphone lain, sampean bisa juga mengunduh di Kaywa reader. Sedangkan para pemakai komputer dekstop bisa mengunduh aplikasi java untuk membacanya di sini.

Jika sampean tertarik mengetahui lebih jauh mengenai QR Code, silakan mencarinya di Google. Nanti sampean bakal menemui banyak tautan dan penjelasan mengenai proyek QR Code, lengkap dengan pemakaiannya.

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah sampean tertarik memanfaatkan QR Code?

Iklan

Tagged: , , ,

§ 42 Responses to QR-Code Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading QR-Code Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: