Karcis Pecas Ndahe

Desember 23, 2010 § 46 Komentar

Sulitnya mendapatkan karcis masih menjadi isu hangat menjelang laga final AFF Suzuki 2010 antara Indonesia vs Malaysia. Antrean calon penonton mengular di depan kantor PSSI sepanjang hari ini.

Seorang pengguna Twitter, Dhindya Anugrahwati, mengirimkan foto antrean di Senayan itu.

PSSI sebagai lembaga satu-satunya yang mengelola tiket pertandingan mengaku sudah memperbaiki sistem yang amburadul dalam pertandingan sebelumnya. Tapi tiket tetap susah didapatkan.

Dalam sebuah wawancara di TVOne tempo hari, Ketua PSSI Nurdin Halid, berdalih animo penonton yang melebihi kapasitas stadio sebagai penyebab sulitnya tiket diperoleh.

Terus terang saya bingung memahami dalih itu. Banyak pertunjukkan konser di Indonesia, dengan jumlah penonton yang spektakuler, yang lebih mampu mengurus tiket.

Di luar negeri, penjualan tiket secara online pun biasa dilakukan. Mengapa sistem ini tak berjalan di sini?

Anehnya lagi, menurut berita di Srijaya Post,

… “terkait penjualan tiket untuk final di Indonesia, para pendukung Indonesia sudah bisa membeli tiket dengan sistem manual mulai hari ini, Kamis (23/12). Untuk sistem online, tiket dapat dibeli mulai tanggal 25 Desember 2010.

Untuk penjualan manual, PSSI menyediakan lima lokasi di sekitar komplek Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Untuk online, tiket dijual via http://www.tiketsas.com. Penjualan online hanya untuk kategori VVIP, VIP Barat, dan VIP Timur.”

Tapi ternyata situs yang dimaksud itu tak menyediakan informasi apa pun mengenai penjualan tiket. Pembohongan publik? Ketidakakuratan media?

Penelusuran lebih lanjut mengenai situs penyedia tiket online itu membawa saya ke MyTicket.co.id.

Situs itu tampaknya milik Malaysia. Saya tak tahu apakah memang secara resmi PSSI menyewa jasanya atau tidak. Yang jelas, informasi ini kurang tersebar luas.

Apa pun, sebenarnya tak ada alasan bagi PSSI untuk memudahkan penjualan tiket pertandingan. Kalau dalihnya tiket yang dibeli via Internet itu rawan dipalsukan, PSSI misalnya bisa bekerja sama dengan perbankan. Bank nasional sudah biasa melayani penjualan tiket online, seperti tiket pesawat terbang, tanpa kekhawatiran terjadi pemalsuan.

Sengkarut tiket pertandingan AFF Suzuki 2010 ini membuat kita bertanya-tanya dengan sedikit curiga, jangan-jangan ada sesuatu di ruangan pengurus PSSI.

Apakah kita perlu melakukan class action seperti usulan Tulus Abadi dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ini?

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Apakah sampean sudah mendapatkan tiket final Indonesia vs Malaysia?

Iklan

Tagged: , , , , , , ,

§ 46 Responses to Karcis Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Karcis Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: