Stockholm Pecas Ndahe

Mei 11, 2012 § 99 Komentar

Dibangun di atas 14 pulau, Stockholm adalah ibu kota Swedia yang padat. Populasinya sekitar 4,5 juta jiwa. Ada sekitar 150 bangunan bersejarah di kota ini, termasuk Museum Nobel dan City Hall. Dua tempat ini terkenal oleh acara tahunan prestisiusnya, Penghargaan Nobel.

city of Stockholm

Salah satu kawasan yang paling menarik perhatian di Stockholm adalah kawasan kota tua Gamla Stan di Pulau Stadsholmen. Gamla Stan juga dikenal dengan julukan “kota di antara jembatan.”

Kawasan ini terdiri dari lorong-lorong sempit dengan sejarah selama 750 tahun. Di kiri dan kanan lorong berdiri megah bangunan kokoh dengan dinding batu warna terakota.

Kota Stockholm memiliki berbagai objek wisata, mulai dari Museum Vasa, dengan koleksi 1.628 kapal perang, hingga Museum Terbuka Skansen.

April adalah awal musim semi di Kota Stockholm. Langit kelabu. Angin dingin menderu-deru, menggigit kulit. Hujan sesekali masih turun, membuat jalanan basah. Pepohonan runduk.

Taman-taman kota dihiasi pohon-pohon meranggas, sisa musim dingin. Matahari sesekali bersinar menghangatkan orang-orang yang lalu lalang di trotoar. Tapi hanya sebentar. Setelah itu langit kembali kelabu. Dan para pejalan kaki bergegas mencari kehangatan.

Ke sanalah saya pada awal April lalu atas undangan Kementerian Luar Negeri Swedia untuk menghadiri acara Internet Forum for Development. Ini kunjungan saya yang kedua setelah sepuluh tahun yang lalu.

Bukan isi acara yang dihadiri oleh para pejabat tinggi Eropa, pengusaha, aktivisi HAM, LSM, dan jurnalis itu yang penting buat saya, tapi kesempatan kembali mengunjungi salah satu kota termodern di Eropa yang lebih menarik buat saya.

Saya merasa beruntung memperoleh kesempatan mengeksplorasi kepekaan fotografi di sana. Banyak titik yang sangat layak dijepret dan dibagikan buat sampean.

Sayang hanya seminggu saya di sana. Belum cukup puas saya mengabadikan tempat-tempat yang memukau mata. Mungkin lain kali.

>> Selamat hari Jumat, Ki Sanak. Apakah sampean menyukai foto-foto di atas?

Iklan

Tagged: , , , ,

§ 99 Responses to Stockholm Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Stockholm Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: