Inovasi Pecas Ndahe

Oktober 24, 2013 § 12 Komentar

Tahukah sampean konsumsi energi kita meningkat 50 persen, tapi hanya 1/3 penduduk yang menikmatinya?

Philips Meaningful Innovation

Tahukah sampean lebih dari 50 persen penyebab kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti kanker, penyakit jantung, dan lainnya?

Tahukah sampean survei menunjukkan kenaikan jumlah ibu yang memberikan ASI eksklusif, namun masih banyak ibu yang berkarir yang sulit untuk menyusui selama 6 bulan pertama?

Apa penyebab masalah-masalah di atas? Apa solusinya? Apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki kualitas kehidupan? Pertanyaan ini mengganggu saya nyaris setiap malam menjelang tidur.

Rupanya bukan hanya saya yang risau. Philips Indonesia pun melihat persoalan-persoalan itu, lalu melakukan sesuatu.

Mereka menggelar kompetisi untuk menjaring ide-ide inovasi yang dianggap mampu menyelesaikan persoalan di atas.

Ada tiga tema yang akan menjadi fokus dari program ini, yakni:

Tema pertama Inovasi Pengembangan Daerah Pedesaan yang Berkelanjutan.

Tema ini dilatarbelakangi fakta bahwa 1 dari 4 penduduk kota merupakan imigran dari pedesaan. Dengan laju pertumbuhan penduduk yang meningkat, daerah perkotaan menghadapi tantangan berat untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

Panitia lomba mencoba mencari ide inovasi untuk memenuhi kebutuhan itu dan mewujudkan sebuah daerah pedesaan yang berkelanjutan. Desa yang berkelanjutan merupakan sebuah komunitas yang para anggota-anggotanya telah memiliki rasa aman terhadap lingkungan, dan memiliki fasilitas umum yang layak sehingga memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup.

Tema kedua adalah Inovasi untuk Meningkatkan Akses dalam Layanan Kesehatan. Tema ini dipilih seiring meningkatnya perekonomian yang tak diimbangi oleh makin mudahnya akses pelayanan kesehatan.

Tingginya biaya kesehatan juga menghambat masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan. Sementara kapasitas dan kemampuan para pakar kesehatan masih perlu ditingkatkan.

Dari tema ini diharapkan muncul inovasi-inovasi yang dapat membantu meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan.

Tema berikutnya adalah Inovasi untuk Membantu Ibu dalam Merawat Keluarga. Tema ini dipilih karena ibu adalah sosok yang dekat di hati dan pikiran kita.

Ibu juga merupakan sosok penting dalam merawat keluarga. Mulai dari membesarkan anak hingga memastikan kesehatan tiap anggota keluarga, peran seorang ibu tak dapat tergantikan.

Ironisnya, ibu menghadapi begitu banyak tantangan dalam merawat keluarga. Survei Demografi dan Kesehatan menunjukkan peningkatan pada jumlah ibu yang memberikan ASI eksklusif sejak 2009-2012, namun masih banyak ibu bekerja yang sulit untuk menyusui selama 6 bulan pertama.

Memastikan cukupnya nutrisi keluarga juga menjadi tantangan bagi para ibu, terutama ketika pola hidup cepat menuntut solusi menyiapkan makanan yang cepat saji yang berpotensi memicu obesitas.

Isu makanan cepat saji pemicu obesitas menjadi tantangan para ibu karena data dari Riset Kesehatan Dasar pada 2010 menunjukkan persentasi penderita obesitas melonjak lebih dari 21 persen.

Program ‘Inovasi Penuh Makna untuk Anda’ dari Philips di Indonesia memberikan kemungkinan bagi Indonesia untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di tiga tema di atas serta ide-ide untuk menyelesaikannya.

Melalui tahap pertama pengumpulan, lalu penjaringan oleh mitra-mitra (pemerintah, LSM dan swasta), ide-ide yang terpilih akan melalui tahap voting oleh publik. Dua ide akan dipilih oleh sebuah juri panel yang terdiri dari pihak Philips dan para mitra.

Jika tertarik, silakan mencari tahu informasi lebih rinci mengenai inisiatif ini di situs Meaningful Innovation. Lalu daftarkan gagasan-gagasan cemerlang sampean di sana.

Tunggu apa lagi? Hidup yang lebih baik untuk Indonesia dimulai dari ide yang sampean kirim saat ini juga.

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Sampean perlu menunggu berapa lama lagi untuk ikut memperbaiki Indonesia?

Iklan

Tagged: , , , , , , , ,

§ 12 Responses to Inovasi Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Inovasi Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: