Xperia Pecas Ndahe

November 12, 2013 § 64 Komentar

Mau dikatakan apalagi tentang smartphone-smartphone Android terbaru? Modelnya semakin bergaya. Sosoknya kian keren. Kemampuannya makin digdaya. Harga dan mereknya pun semakin bervariasi. Kurang apa coba?

Sony Experia Z1

Kalau sampean jalan-jalan ke mal Ambasador atau pertokoan di kawasan Roxy, Jakarta, toko-toko gadget, rak-rak penjual gadget pasti sesak oleh aneka produk smartphone Android. Sampean mungkin bakal ngiler melihat smartphone-smartphone terbaru yang menggiurkan itu. Mungkin juga sampean malah bingung mau pilih yang mana.

Di antara sebakul gadget-gadget gaul masa kini itu, ada salah satu yang menarik perhatian saya: Sony Xperia Z1. Sebelumnya saya pernah mencoba pendahulunya, Sony Xperia Z. Iya, itu lo smartphone tahan air; tak bakal mati walau dicelupkan ke dalam segelas air atau kecipratan rinai hujan.

Karena itu, saya jadi penasaran bagaimana rasanya mengulik sang adik ini. Apakah dia sama menakjubkannya atau justru jauh lebih mencengangkan?

Xperia Z1 secara resmi diperkenalkan ke seluruh dunia pada September 2013. Sebagai sebuah smartphone, ia menonjolkan kemampuan waterproof, teknologi Sony terbaru, beragam aplikasi hiburan dan rangkaian produk pendamping, juga kamera yang kuat: 20,7 MP.

Pendeknya, Xperia Z1 merupakan gabungan semua kekuatan dan kecerdasan Sony dalam sebuah ponsel pintar premium.

Sony Experia Z

Semua aspek yang ditonjolkan dan didengungkan Sony itu pulalah yang merasuki benak saya begitu memegang kotak pembungkus Xperia Z1 yang masih tersegel rapi. Begitu saya buka, di dalamnya ada satu unit Xperia™ Z1, charger, kabel micro USB untuk mengisi daya, sinkronisasi dan pemindahan data, dan dokumentasi pengguna.

Saya tak sabar ingin mencobanya. Salah satu yang ingin saya lihat adalah hasil bidikan kameranya. Maklum saja, Xperia Z1 memiliki Sony “G Lens” dengan wide angle 27mm dan aperture F2.0. Sensor gambarnya CMOS Exmor RS tipe 1/2.3 dengan resolusi 20.7MP, dan mesin pemroses gambarnya BIONZ khusus ponsel.

Kombinasi semua teknologi ini saya harapkan akan menghadiahkan gambar dengan kualitas dan performa sekelas kamera saku digital. Bayangan saya, kamera ini niscaya sanggup menangkap lebih banyak cahaya dari suasana yang saya rekam dalam bentuk gambar digital. Saya juga membayangkan sensornya lebih peka dan mampu mengurangi efek derau gambar dalam cahaya minimal.

Dan benar, begitu saya memotret di senja hari, kualitas gambarnya membuat mata saya terbelalak kagum. Z1 mampu menangkap gambar dengan memukau, tajam dan cemerlang bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Setelah memotret, saya juga dapat berbagi hasil foto melalui aplikasi Social Live ke Facebook. Aplikasi ini saya duga akan digemari mereka yang suka berbagi foto dengan teman-temannya di media sosial.

Yang membuat saya makin gandrung pada kamera Xperia Z1 adalah fitur Info Eye. Apa gunanya? Jadi bila kita memotret tempat-tempat populer, misalnya Menara Eiffel, secara otomatis kamera akan menyuguhkan informasi yang berhubungan dengan menara legendaris di Paris itu. Begitu juga dengan benda atau obyek foto lain.

Ada juga fitur AR effect. Dengan fitur ini, saya bisa memotret sebuah obyek dengan tambahan beberapa pilihan animasi seperti kupu-kupu dan dinosaurus, sehingga hasil fotonya jadi kaya. Fitur ini menggunakan teknologi augmented reality Sony SmartAR.

Seandainya sampean menyukai serial foto aksi, ada Timeshift Burst. Dengan fitur ini sampean dapat mengambil 61 gambar dalam 2 detik – satu detik sebelum dan setelah menekan tombol kamera. Fitur ini cocok buat mereka yang suka membuat foto eksperimen.

Kurang apa lagi?

Dengan bodi dari bahan aluminium yang solid dan tempered glass pada bagian depan dan belakang, Xperia Z1 terlihat cantik sekaligus anggun. Apalagi ditambah dengan bodinya yang ramping, waterproof, dan tahan debu, membuatnya stand out di antara produk sejenis lainnya.

Mereka yang gemar jalan-jalan, menyimpan kenangan, sekaligus suka membagikan pengalaman serunya ke kerabat dan teman-temannya layak menjadikan Xperia Z1 sebagai teman di perjalanan. Saya membayangkan ia akan membuat para penggunanya bangga dan percaya diri.

Tapi sebelum sampean mencobanya sendiri, ada baiknya sampean menguji kemampuan memotret dengan ikut lomba. Sony Mobile Indonesia kebetulan sedang mengadakan kontes foto “#BestofSony”.

SONY_Z1_PicMix_BSG_Banner_05-01

Bagaimana cara ikut dan hadiahnya? Silakan baca di Best of You. Bisa juga lihat Facebook Sony atau ikuti akun Twitter @SonyXperiaID.

Kontes berlangsung dari hari Senin, 7 Oktober 2013 (pukul 00:00 WIB) sampai dengan Minggu, 17 November 2013 (pukul 23:59 WIB). Jadi masih ada waktu beberapa hari lo. Buruan gih!

>> Selamat hari Selasa, Ki Sanak. Kapan lagi sampean bisa bikin foto bagus dan dapat hadiah kalau bukan sekarang?

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ 64 Responses to Xperia Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Xperia Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: