Artikel Pecas Ndahe

Agustus 11, 2014 § 55 Komentar

Apa beda antara artikel di situs web dan tulisan di blog? Begitulah pertanyaan yang kerap muncul ketika saya diajak berbincang dengan teman-teman yang ingin belajar tentang blog.

Pertanyaan itu sangat bagus dan valid — sering ditanyakan para calon pengelola situs perusahaan dan pemerintahan. Mereka sulit membedakan antara situs perusahaan dan blog perusahaan. Mereka juga masih kebingungan membedakan bentuk tulisan di situs dan blog.

Kebetulan saya menemukan tulisan menarik di situs Social Media Today. Tulisan itu menunjukkan dengan gamblang perbedaan antara artikel dan blog.

Secara ringkas, perbedaan antara artikel dan blog bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

tips, article, blog

Bentuk penulisan artikel biasa dipakai jika isi sebuah situs sangat dipengaruhi oleh perubahan peraturan atau perundang-undangan, dan hasil riset. Situs-situs pemerintahan biasanya memakai corak penulisan artikel ini. Perusahaan yang berhubungan jasa seperti perbankan dan asuransi juga cocok jika memakai ragam penulisan artikel.

Corak penulisan artikel seperti itu penting bagi pembaca, konsumen, untuk mendapatkan status dan perbaruan terakhir tentang sebuah peraturan atau layanan.

Nah, kalau tujuannya ingin berbagi pendapat, meningkatkan visibilitas di mesin pencari (Google), mempertegas status sebagai pemimpin atau pakar ilmu tertentu, atau membangun hubungan dengan pembaca, gaya blog lebih cocok dipakai.

Layanan blog seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, menyediakan fasilitas yang membuat pembaca dengan gampang membagikan kembali isi blog, berkomentar, dan berlangganan.

Bagaimana jika sebuah situs perusahaan ingin membuat konten bergaya blog atau sebaliknya?

Boleh-boleh saja. Panduan ini bukanlah hukum yang mengatur secara tegas tentang apa yang boleh dan tidak layak dilakukan di sebuah situs maupun blog.

Sekali lagi, substansi tulisan tetap sama, hanya cara dan gaya penulisannya yang membedakan keduanya.

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apa komentar sampean tentang topik ini?

Iklan

Tagged: , , , ,

§ 55 Responses to Artikel Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Artikel Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: