Powerphone Pecas Ndahe

September 2, 2014 § 38 Komentar

Internet bagaikan mal raksasa dengan banyak pintu. Semua orang boleh masuk, tapi lewat pintu yang berbeda-beda ukurannya.

Ada orang yang memiliki pintu akses lebar, sehingga bisa mengunduh dan mengunggah dokumen-dokumen ukuran besar. Ada pula yang pintu aksesnya kecil, sehingga harus bersusah-payah hanya untuk sekadar melihat-lihat isi mal raksasa itu.

Besar-kecilnya pintu akses ke Internet ditentukan oleh jenis koneksi tiap orang. Tersedia banyak pilihan, bisa melalui jaringan kabel optik atau wifi. Ada juga akses 3G dan 4G untuk peranti bergerak.

Salah satu alternatif terbaru untuk mengakses Internet diluncurkan baru-baru ini oleh BOLT! Super 4G LTE, penyedia layanan 4G LTE pertama di Indonesia yang menyediakan paket telepon pintar dan kartu akses data, dijuluki powerphone. Pada dasarnya, powerphone ini adalah sebuah telepon genggam yang di dalamnya diisi oleh kartu SIM khusus yang mennyediakan akses Internet 4G.

Telepon pintar yang diberi nama Bolt! Powerphone tersedia dalam dua model, hasil kerja sama dengan dua pabrikan, yaitu ZTE dari Tiongkok dan IVO dari Indonesia.

BOLT! 4G Powerphone ZTE V9820 dan BOLT! 4G Powerphone – IVO V5 telah menggunakan sistem operasi mutakhir Android KitKat (4.4.2). Kedua produk ini didukung dengan kekuatan prosesor Quad Core SnapdragonTM 400 1.2 Ghz Cortex – A7.

BOLT! 4G Powerphone – ZTE V9820 terintegrasi dengan kamera 13MP serta layar HD 5” dengan resolusi 1280×720 piksel; sedangkan BOLT! 4G Powerphone – IVO V5 hadir dengan kamera 8MP dan layar 5” serta resolusi 960×540 piksel.

Kedua produk tersebut memiliki fitur auto-focus dan flash untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

 ZTE V9820

Harga paket BOLT! 4G Powerphone termasuk paket prabayar Thunder BOLT! 8GB yang berlaku 30 hari adalah Rp. 3.099.000 untuk ZTE V9820, dan Rp. 2.099.000 untuk IVO V5.

Kedua model itu mendukung dual-SIM, satu slot diisi dengan kartu SIM dari Bolt! dan slot yang lain untuk kartu SIM operator mana pun.

Mengapa dual SIM card? Layanan SIM BOLT! untuk akses Internet 10x lebih cepat dan slot kartu SIM GSM agar kita bisa tetap menggunakan nomor GSM yang sudah dimiliki buat menelepon maupun mengirim SMS.

Jadi kita tak perlu ribet gonta-ganti nomor. Fitur dual active-nya memungkinkan kita tetap bisa menelpon sambil berinternetan.

Selain itu, karena hingga saat ini jaringan Bolt hanya tersedia di daerah Jabodetabek, kita tak bisa menggunakan layanan 4G dari Bolt melalui smartphone ini ketika berada di luar kawasan tersebut.

Bolt! masih akan terus menambah jumlah menara BTS agar cakupan sinyal makin merata di Jabodetabek. Saat ini layanan BOLT! hanya tersedia di area Jabodetabek. Saat berada di luar area tersebut, akses Internet dari powerphone akan digantikan oleh kartu SIM GSM.

Gampang sekali memakai powerphone Bolt!. Tapi sebelum memulai aktivasi, pastikan powerphone tersambung ke Internet via wifi. Tanpa koneksi, aktivasi tak bisa dilakukan.

Jika powerphone sudah terkoneksi, silakan memulai proses aktivasi. Untuk melakukan aktivasi, klik ikon MyBolt! warna orange di halaman depan sampai muncul gambar berisi dua kolom kosong dan tombol tulisan “Aktivasi Nomor Baru.” Klik tombol tersebut. Selanjutnya ikuti saja petunjuk aktivasi sesuai yang tercetak di kertas seperti di bawah ini.

panduan aktivasi kartu powerphone Bolt!

Setelah proses aktivasi selesai, maka sampean sudah bisa memakai powerphone Bolt! untuk mengakses Internet dan membuka situs-situs yang sampean inginkan.

Gampang, kan?

Saya sempat merasakan pengalaman memakai powerphone yang dipinjamkan oleh Bolt! selama sepekan. Yang pertama kali adalah mengecek kecepatan unduh dan unggah melalui aplikasi SpeedTest.

Saya mengecek di dalam mobil yang melaju di tengah jalan tol dalam kota Jakarta, tepatnya di sekitar kawasan Grogol. Hasilnya bisa dilihat di SpeedTest ini.
speedtest, powerphone, bolt

Tes kedua saya lakukan di kantor saya di kawasan Pancoran. Hasilnya bisa dilihat di sini.

speedtest, powerphone, Bolt

Dengan kecepatan seperti itu saya mendapat pengalaman menyenangkan, terutama ketika membuka situs-situs video seperti Youtube. Video dapat ditonton tanpa buffering alias menyambung terus tanpa putus.

Membuka situs-situs media sosial juga tak ada halangan, meskipun tempat-tempat itu berisi video dan foto, seperti Facebook, Instagram, maupun Path.

Mengunggah dokumen-dokumen berbentuk foto dan video ke situs-situs itu pun juga lancar jaya. Begitu pula kalau ingin membuat video di Vine.

Sampean bisa mencoba sendiri dan mengeksplorasi powerphone ini dan dapatkan pengalaman berbeda.

>> Selamat hari Selasa, Ki Sanak. Apakah koneksi Internet sampean masih lelet?

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 38 Responses to Powerphone Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Powerphone Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: