Kiat mengelola akun Instagram

Januari 17, 2020 § 4 Komentar

“Akun Instagram kantor saya bagus nggak, Mas? Apakah strategi kontennya sudah benar?” tanya seorang admin media sosial sebuah lembaga pemerintah.

Saya balik bertanya, “Loh, bagaimana strategi sampean? Apa yang sampean posting ke IG? Apa sih, tujuan kantor sampean punya akun IG?”

Silver Iphone 5s Showing Instagram

“Nggak tahu, Mas. Pokoknya saya bertugas membuat konten tentang semua aktivitas atasan setiap hari. Kalau beliau rapat di kantor, saya harus menulis dan bikin foto. Kalau beliau tugas keluar kota, saya juga ikut untuk meliput kegiatannya dan posting ke Instagram.”

“Kalau atasan tak punya kegiatan apa pun, sampean bikin apa?”

“Libur, Mas. Tapi itu jarang sekali.”

“Oalah, jadi semua isi akun IG kantor sampean itu hanya foto dan video bos?”

“Iya.”

“Dulu kenapa bikin akun? Apa perintah atasan?”

“Pokoknya saya wajib mendokumentasikan dan menyebarkan kegiatan beliau, Mas.”

“Ada yang like? Berapa followernya?”

“Sedikit sih, Mas. Kenapa ya?”

Sampai di sini, saya antara ingin ngakak dan mengelus dada ayam kentaki. Mas Admin tadi adalah pegawai yang taat, mengikuti semua perintah atasan dengan penuh dedikasi.

Tapi saya juga kasihan, ia dimanfaatkan oleh atasannya untuk membangun personal branding di akun resmi lembaga pemerintah. Padahal setahu saya, akun lembaga itu untuk kepentingan lembaga, bukan pribadi.

Mengelola media sosial lembaga atau bisnis itu ada taktik dan strateginya. Harus ada target dan tujuan yang ingin dicapai supaya bisa diukur. Jika ingin membangun brand awaraness, tentu taktik dan strateginya berbeda dengan membentuk personal branding.

Admin juga mesti memiliki perencanaan konten, kapan jadwal tayang dan apa topiknya. Jangan lupa tentukan siapa khalayak yang disasar, anak muda atau ibu-ibu. Setiap target memiliki karakter dan kebutuhan berbeda. Jenis dan corak kontennya pun berlainan.

Begitulah sekilas tentang kiat mengelola akun Instagram lembaga. Semoga bermanfaat.

>> Selamat hari Jumat, Ki Sanak. Apakah sampeyan sudah posting foto baru ke IG hari ini?

Tagged: , ,

§ 4 Responses to Kiat mengelola akun Instagram

  • morishige berkata:

    Mudah-mudahan Mas Adminnya nggak sekalian diminta urus website “kantor,” Ndoro. 😀

  • Eddy Fahmi berkata:

    Entah kenapa aku liat kok banyak lembaga pemerintah yg sekedar eksis aja di media sosial. Tapi nggak bersosialisasi. Ada komentar juga nggak direspon. Seperti papan pengumuman saja. Admin media sosialnya juga mungkin hanya berani mengerjakan perintah atasan, kalo terlalu kreatif nanti jadi salah.

  • semoga saja niat dari atasannya mengajak banyak orang untuk melakukan hal-hal produktif sebagaimana yang telah dicontohkan olehnya.

  • Ata berkata:

    mau ketawa, tapi kasihan juga, hmm…semoga mas admin tidak lagi dimanfaatkan seperti itu, dan semoga akunnya bisa dikelola dengan lebih baik, dan diisi dengan konten yang lebih keren & informatif tentunya, btw ada ayam kentaki di tulisan ini, saya jadi laper, hehe…

Tinggalkan Balasan ke morishige Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kiat mengelola akun Instagram at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: