E-Narcism Pecas Ndahe

Agustus 13, 2009 § 49 Komentar

cover-e-narcismSitus-situs media sosial bertebaran di ranah Internet. Dari Flickr sampai Facebook. Dari Cerpenista hingga Politikana. Dan khalayak pun berduyun-duyun memanfaatkannya.

Yang sudah biasa berselancar di Internet merasa mendapatkan mainan baru dari aneka media sosial itu. Tapi yang baru mengenal ranah maya barangkali malah jadi kebingungan.

Seorang aktivis dunia maya, Pitra Satvika namanya, menangkap fenomena itu. Dia lalu mengulasnya lewat sebuah buku, E-Narcism. Ini buku tentang media sosial dan segala pernak-perniknya. Buku ini bercerita bagaimana kita bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun eksistensi diri kita di ranah maya.

Dengan membaca buku itu, pembaca diharapkan mengetahui bahwa blog, forum Internet, dan situs-situs Web 2.0 lain, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Buku ini juga membahas batasan antara kejujuran seseorang ketika aktif di internet, juga kerahasiaan pribadi yang harus dijaga. Seperti halnya dunia nyata, Internet juga memiliki wilayah terang, samar-samar, dan gelap. Tidak semua orang punya niat baik saat beraktivitas di ranah maya. Jadi meski sampean ingin gaul dan eksis, bukan berarti lalu mengabaikan faktor kehati-hatian. Stay on the net. But be prudent.

E-Narcism sudah beredar di toko-toko buku sejak bulan lalu. Dan sebagai lanjutan dari peluncuran buku tersebut, Pitra mengadakan lomba penulisan. Adapun tema kontes adalah “Gaul dan Eksisnya Si Teman di Internet.”

Maksudnya?

Pitra menjelaskan bahwa dengan tema itu, sampean diharapkan bercerita tentang bagaimana orang-orang di sekitar sampean (boleh teman, pacar, saudara, orang tua, tetangga) memanfaatkan Internet untuk bergaul.

Ceritakan, serta berikan tautan (link), bagaimana mereka mendapatkan manfaat positif karena ia bergaul di Facebook, Kaskus, Plurk, Twitter, Friendster, Fotografer.net, Deviant Art, LinkedIn, Kafegaul, Kapan Lagi, YouTube, Flickr, Politikana, dll.

Tunjukkan bagaimana seseorang bisa mendapatkan teman banyak di sana, atau bahkan malah mendapatkan peluang-peluang baru yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Tapi, Pitra wanti-wanti agar sampean jangan menceritakan tentang diri sampean sendiri Sekali-sekali bantulah angkat teman sampean agar dia juga bisa menjadi sepopuler sampean. Siapa tahu si teman pernah mendapatkan pacar gara-gara ia aktif di Friendster. Mungkin juga ia pernah mendapatkan proyek desain karena ia rajin mempromosikan karyanya di Deviant Art. Atau barangkali saja ia pernah berkenalan dengan banyak model cantik karena sering aktif dengan teman-teman komunitas Fotografer.net. Pokoknya, ceritakan apa saja tentang teman lengkap dengan bukti bahwa yang bersangkutan memang bergaul dan eksis di Internet.

Kalau belum jelas, silakan baca-baca syarat dan ketentuan lomba menulis itu di sini. Tak perlu takut, sungkan, atau lelet. Lomba akan berakhir pada 23 Agustus 2009.

Jangan khawatir tulisan sampean jelek, lalu ndak berani ikut lomba. Tulisan peserta lain belum tentu lebih bagus kok. Yang jelas mereka lebih berani karena sudah mengirimkan karya. Mosok sampean kalah berani?

Nah, kalau sampean memang berani, segepok hadiah telah menanti. Tersedia aneka hadiah menarik untuk para pemenang. Apa itu?

Pitra dan dua mitranya, Bhinneka dan GrinClothing, menyediakan 6 buah iPod dan 24 potong kaos sebagai hadiah. Jadi totalnya ada 30 hadiah yang bisa sampean rebut. Kalau iPod meleset, eh siapa tahu sampean masih bisa mendapat kaos. Lumayan, kan?

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Apakah sampean ndak mau punya iPod?

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ 49 Responses to E-Narcism Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading E-Narcism Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: