Hoax Pecas Ndahe

Juli 14, 2010 § 93 Komentar

SMS dan email hoax kian gencar menyerbu belakangan ini. Nyaris setiap hari mereka masuk ke handphone dan inbox kita. Pertanda banyak orang iseng atau hidup makin susah?

Begitulah. Syahdan pada sebuah pagi yang muram. Langit mendung kelabu. Tiba-tiba handphone saya berdering-dering tanda ada pesan pendek masuk. Dalam hati saya bertanya-tanya, siapa yang sepagi ini nekat mengganggu kesunyian? Adakah warta genting yang datang?

Dengan setengah malas saya buka dan baca SMS itu. Olala! Ternyata bukannya kabar penting yang datang melainkan ternyata lagi-lagi orang menawarkan kredit murah tanpa agunan.

Semprul!

Suasana pagi saya yang hening telah dikoyak oleh pesan pendek yang tak penting. Dan ini bukan yang pertama. Sudah lebih dari sebulan ini, nyaris setiap hari, ada saja orang mengirim pesan menawarkan kredit. Entah dari mana mereka mendapatkan nomor telepon genggam saya.

Pesan itu ditulis dengan gaya yang beragam. Ada yang dibuka dengan kalimat langsung, seperti, “Solusi praktis khusus buat pemegang kartu kredit …. ”

Ada pula yang agak sopan, “Maaf, saya Sontoloyo. Bolehkah saya menawarkan kredit tanpa agunan untuk Anda….”

Halah. Males, Mas. Kalau kredit tanpa angsuran saya mau.

Sebetulnya bukan tawaran kredit saja yang datang. Ada satu dua kali orang berharap belas kasihan lewat SMS. Mengaku sudah tertimpa susah, sakit parah, pengirim SMS itu buntutnya minta sumbangan.

Hmm…ngaku nggak punya duit tapi menyebar SMS ke mana-mana? Aneh! Mungkin mereka memakai taktik baru: memancing kakap dengan kakap.

Banjir pesan seperti itu juga kian gencar melalui email. Ada yang memakai bahasa Inggris, banyak juga yang sudah memakai bahasa Indonesia. Tapi penerjemahannya acak adul, seperti memakai Google Translator.

Lihat contoh email seperti itu di sini dan di sini.

Ugh. Hidup ternyata makin seronok. Ketika kesulitan kian menjepit, orang makin kreatif. Bila perlu memperdayai orang lain. Macam inikah dunia yang pernah kita impikan dahulu lewat dongeng pengantar tidur?

>> Selamat hari Rabu, Ki Sanak. Apakah sampean juga kerap menerima SMS semacam itu?

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ 93 Responses to Hoax Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Hoax Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: