Asuransi Pecas Ndahe

April 19, 2011 § 41 Komentar

Asuransi itu seperti ban serep di mobil. Ia merupakan perlindungan terhadap kemungkinan buruk, misalnya ban kempes di tengah jalan. Ban cadangan memberikan semacam rasa aman bagi pengemudi: ada sesuatu yang bisa diandalkan ketika kesulitan datang.

Ibarat mobil, hidup kita juga memerlukan ban cadangan. Asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko dalam hidup setiap orang, seperti kecelakaan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Pertanyaannya, siapa yang perlu asuransi? Apa keuntungan dan kerugian memiliki asuransi? Bagaimana memilih perusahaan asuransi yang andal?

Obrolan Langsat (Obsat) pada 12 April, mengangkat tema “Berani Bicara Asuransi” dengan narasumber perencana keuangan independen, Aidil Akbar.

Dalam Obsat itu, Aidil Akbar memaparkan apa dan bagaimana asuransi. Menurut Akbar, perlindungan atau proteksi adalah kata kunci dalam asuransi.

β€œAsuransi adalah perlindungan terhadap risiko seseorang atau individu. Asuransi dibutuhkan sebagai langkah proteksi untuk meng-cover risiko secara finansial,” kata Akbar.

Sebagian besar peserta Obsat malam itu mengaku tak banyak yang mengetahui atau memahami apa itu asuransi. Aidil lalu menjelaskan ada dua jenis asuransi yang ada di Indonesia.

Pertama adalah asuransi jiwa dan kedua adalah asuransi non jiwa yang mencakup kecelakaan, kendaraan, gedung dan sebagainya.

Adapun jenis-jenis asuransi yang umum antara lain asuransi kesehatan, asuransi cacat, asuransi jompo, dan asuransi jiwa (selengkapnya mengenai jenis asuransi silakan klik blog Aidil Akbar).

Aidil mengatakan setiap orang harus memahami prinsip-prinsip asuransi, yakni:

Utmost good faith: kita membeli asuransi untuk mengganti kerugian yang sifatnya finansial, bukan untuk mencari keuntungan.

Insurable interest: kita membeli asuransi karena merasa memiliki kepentingan untuk diasuransi atau mengasuransikan seseorang.

Proximate cause atau penyebab utama terjadinya risiko: untuk jenis asuransi-asuransi tertentu perusahaan asuransi hanya akan mengganti secara finansial apabila penyebab utama dari risiko tersebut terjadi.

Prinsip-prinsip itu perlu diketahui agar kita terhindar dari kekecewaan setelah membeli produk asuransi.

Kekecewaan memang tak terhindarkan. Hal ini muncul akibat pengalaman konsumen, mulai dari kesulitan mendapatkan uang pengembalian (klaim) hingga agen yang tidak mumpuni (memaksa, tak cukup pengetahuan seputar produk, sampai penjelasan yang didapatkan tidak memuaskan).

Akumulasi kekecewaan ini bisa jadi pengikis utama kepercayaan seseorang terhadap asuransi.

Salah satu peserta bertanya tentang perbedaan asuransi konvensional dengan yang syariah.

“Konsep asuransi konvensional adalah memindahkan risiko dari seseorang ke perusahaan asuransi. Tetapi dalam asuransi syariah, risiko itu dibagi ke dua pihak,” jawab Akbar.

Ketika seorang bertanya bagaimana memilih perusahaan asuransi, Akbar menyebut beberapa faktor. Apa itu?

Kemudahan klaim, produk/perusahaan yang terjamin dan terpercaya, serta harga yang terjangkau merupakan profil perusahaan asuransi ideal.

Tipsnya adalah mengenali kebutuhan kita dan mencari beragam produk asuransi yang sesuai.

Siapa pun berpotensi untuk sakit, mengalami kondisi kritis, meninggal atau kehilangan kemampuan finansial. Tinggal bagaimana kita mengantisipasi risikonya sejak dini. Bukankah proteksi terhadap orang-orang yang kita sayangi patut menjadi prioritas?

Obrolan malam itu telah membuka mata para peserta tentang asuransi. Terima kasih untuk Obsat, Aidil Akbar, dan CIGNA yang telah menghadirkan topik bahasan diskusi yang menarik tentang asuransi.

Bagaimana menurut sampean? Apakah sampean cukup paham soal asuransi? Apakah sampean tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh ihwal asuransi? Boleh lo, kalau sampean mau ikut berpendapat lewat poling di sini.

:: Pic taken from here.

>> Selamat hari Selasa, Ki Sanak. Apakah sampean sudah punya asuransi?

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 41 Responses to Asuransi Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Asuransi Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: