Seleb Pecas Ndahe

Oktober 24, 2007 § 51 Komentar

Adakah jalan pintas untuk menjadi pesohor di ranah blog (baca: seleb blog)? Seorang kawan pernah mengajukan pertanyaan itu ke saya tempo hari. Dia bertanya karena tertarik membuat blog dan ingin langsung terkenal.

Karena merasa pertanyaan itu agak mengada-ada, saya pun balik bertanya, “Kenapa sampean mau jadi seleb blog? Kenapa sampean tak menjadi bloger saja dulu, menulis rutin, dan ajeg, baru setelah itu — kalau beruntung — sampean baru bisa menjadi seleb?”

Eh, dia menjawab dengan bertanya lagi, “Lah buat apa kita nge-blog kalau bukan untuk terkenal, Mas? Buat apa kita jadi bloger yang biasa-biasa saja? Selain itu, mengapa harus berlama-lama nge-blog kalau ada cara cepat jadi seleb blog? Ini zaman instant, Mas.”

Halah. Dasar pokrol. Tapi, baiklah, saya menyerah. “Memang ada cara cepat jadi seleb blog?” jawab saya. “Sampean harus orang terkenal dulu, selebrities gitulah, lalu nge-blog. Saya jamin sampean pasti langsung terkenal, Bung.”

“Wah … Tapi kan, saya orang biasa, Mas. Saya bukan pesohor. Mosok bisa terkenal?”

“Bisa saja,” jawab saya. “Bukankah ada seribu jalan menuju ke Roma?”

“Oke. Tapi, bagaimana?”

“Sampean harus nge-blog dengan passion, rajin menulis, sabar, tekun, konsisten, disiplin, blabla-bla … “

“Aduh, banyak amat syaratnya. Nggak ada yang singkat ya?”

Saya tertawa. Saya jelaskan kepadanya bahwa seorang bintang film terkenal pun dulu harus belajar seni peran, ikut audisi, dan sebagainya sebelum menjadi artis top. Seorang jenderal pun harus mengawali kariernya dari prajurit. Intinya, selalu ada proses.

“Tapi kan, selalu ada jalan pintas juga, Mas?” tanya teman saya itu lagi.

Hahaha … Saya tertawa lagi. “Sampean benar-benar seperti umumnya orang Indonesia, selalu bersiasat, mencari jalan pintas, Bung.”

Dia ikut ngakak.

Saya lalu katakan kepadanya bahwa sejujurnya saya tak tahu bagaimana jalan pintas menjadi terkenal di ranah blog (blogosphere). Kalaupun dipaksa-paksa, paling-paling saya punya satu dua jurus yang bisa dicoba untuk mereka yang ingin atau baru mulai nge-blog agar langsung terkenal.”

“Apa itu, Mas?” tanya teman saya tak sabar.

“Sabar, dong. Kalau mau tahu sampean harus datang di acara Pesta Blogger 2007.”

“Lah emang kenapa, Mas?”

“Karena saya akan ndobos di acara itu bersama pakar ndobos di seantero jagading lelembut blog. Ya, siapa lagi kalau bukan Sir Mbilung MacNdobos. Kami baru saja bersepakat mendirikan Ndoro Ndobos Inc. dan akan berduet mengisi salah satu acara breakout session.”

“Ah, tenane, Mas? Njuk sampean berdua mau ndobos tentang apa?”

“Rahasia dong. Topiknya sengaja kami simpan sebagai kejutan.”

“Halah. Nggaya … ”

“Lah kami memang dua bloger nggaya, meskipun sama-sama ndesit, wagu, dan keminter je. Tapi, justru karena keminter itulah kami berdua disuruh jadi pembicara. Bahwa ternyata ndobosan kami itu nanti ndak bikin sampean pinter, ya itu urusan sampean, bukan urusan kami.”

Apa sampean juga tertarik mendengarkan kami bakal ndobos bareng di acara Pesta Blogger 2007 itu, Ki Sanak? Kalau mau, jangan lupa ya: jam 10.00, Sabtu, 27 Oktober, Blitz Megaplex, Jakarta.

PS: Jangan lupa bawa plastik secukupnya untuk menampung muntahan gara-gara sampean mendengar Ndoro Ndobos Inc. membual.

Iklan

§ 51 Responses to Seleb Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Seleb Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: