Hosting Pecas Ndahe

Juli 8, 2008 § 66 Komentar

kiss byeSelama akhir Juni hingga pekan pertama Juli yang lalu adalah masa-masa yang menyebalkan bagi blog ini. Blog mendadak tak bisa diakses, dan beberapa kali mengalami database error. Padahal biasanya Dreamhost tempat hosting saya jarang ngadat.

Akibatnya, banyak yang menduga-duga apakah blog ini sedang disusupi dhemit gara-gara posting saya yang nyeleneh. Ada pula yang mengira blog ini kena serangan DoS.

Aha, tentu saja tidak, Ki Sanak. Saya belum sehebat dan sepenting itu untuk diusili — meski saya suka usil. Masalah dengan blog ini tempo hari sekadar persoalan teknis yang ndak bisa saya tangani sendiri. Maklum, gaptek.

Sebagai pengguna yang ogah repot dan ndak paham urusan teknis begituan, tentu saja saya jadi ndak nyaman. Apalagi kawan saya itu, Puji Jalan Sutera yang memberi saya tumpangan di Dreamhost, pun mulai kesal hati. Kenapa?

Memang ruang penyimpanan dokumen dan bandwidth yang disediakan Dreamhost begitu berlimpah. Tapi, saya ndak merasa aman. Kalau terjadi apa-apa, susah menghubungi mereka dan saya terpaksa merepotkan orang lain.

Akhirnya, Puji menyarankan saya mengikuti jejaknya beralih ke WP dan melakukan domain mapping agar bebas dari masalah. Saya mengangguk … pasrah.

Singkat cerita, kami pun berucap. “I am sorry goodbye,” pada Dreamhost, dan mengungsi ke WP. Proses domain mapping pun dilakukan. Saya dibantu oleh Maseko yang memberikan 10 kredit senilai US$10. Matur Nuwun yo, Mas. Tentu saja, seperti biasa, Puji yang baik itu ikut repot mengatur pemindahan hosting. Thanks, Puji.

Awalnya, proses pemindahan berjalan kurang mulus. Pengunjung terkaget-kaget karena blog ini memunculkan tampilan aneh dan masih sulit diakses. Rupanya ini karena ada proses pengenalan DNS server. Dibutuhkan beberapa jam untuk memulihkan seperti sedia kala.

Untunglah, segala bruhaha yang sedikit kacau itu segera berlalu. Semuanya pulih seperti sedia kala sekarang, kecuali theme yang berubah. Tapi, ini bukan sesuatu yang jadi persoalan benar buat saya. Yang penting seluruh isi database terangkut.

Setelah sepekan berada di WP, saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dibanding sewaktu masih hosting di Dreamhost, yaitu:

Seperti yang ditulis Puji di blognya, saya juga merasakan beberapa kelebihan dengan menumpang di WP.

  • Stabil. Setahu saya, WP.com belum pernah njengking untuk waktu lama.
  • Murah. Saya hanya mengeluarkan 10 dollar per tahun karena sudah mempunyai nama domain sendiri.
  • Lega. WP menyediakan ruang penyimpan dokumen 3 GB.
  • Tahu beres. Saya ndak merasa perlu memperbarui WP versi terbaru dan ndak repot meng-install theme (dan juga plugin).
  • Tenang. Dengan dukungan dari Automattic, saya ndak perlu memikirkan akismet dan gravatar.
  • Aman. Saya juga ndak perlu pusing menangkal spam karena sudah tersedia plugin antispam.
  • Memudahkan pengunjung. Lantaran terintegrasi dengan WP.com, pembaca ndak perlu repot mengetik nama dan alamat email jika sudah login di WP.com jika hendak berkomentar.
  • Publikasi luas. Karena terintegrasi dengan sistem WP, blog ini secara otomatis muncul di halaman BOTD dan ID WP. Blog saya sekarang malah sering nampang di sana.
  • Jaringan bertambah. Beberapa pengunjung baru pun berdatangan — effect social networking — gara-gara blog ini muncul di Dashboard para pengguna WP.

Tapi, ada kekurangannya, yakni:

  1. Themes dan plugin terbatas. WP hanya menyediakan default theme dan plugin. Kita juga ndak bisa menyunting CSS, kecuali bayar US$ 15/tahun.
  2. Tak bisa memasang script dan dokumen berekstensi tertentu, seperti .swf. Padahal beberapa pemasang iklan memakai dokumen itu.
  3. Kecepatan akses agak turun.

Bagaimanapun, blog ini sudah normal kembali dan moga-moga begitu seterusnya. Sekarang saya bisa kebih berkonsentrasi dan fokus pada ide-ide dan isi blog.

Gambar pinjam di sini.

>> Selamat hari Selasa, Ki Sanak. Apakah sampean sudah merasa nyaman dengan rumah blog sampean?

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ 66 Responses to Hosting Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Hosting Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: