Penculikan Pecas Ndahe

September 18, 2008 § 67 Komentar

Tiga nama terseret dalam sebuah pusaran sejarah dan terpelanting ke ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kemarin.

Mereka adalah almarhum Munir, Desmon Junaedi Mahesa, dan Muchdi Purwoprandjono. Tiga orang ini memiliki satu kata yang menjadi benang merah hubungan mereka: penculikan.

desmon sang pembela

berita hari ini di koran yang tangkas dan cerdas

Munir, kita tahu, adalah aktivis hak asasi manusia yang terbunuh di atas pesawat Garuda Indonesia. Bersama beberapa aktivis, Desmon pernah diculik pada awal Januari 1998 dan dilepaskan pada 3 April 1998. Sebagai orang Kontras, Munirlah yang waktu itu memberikan advokasi kepada aktivis korban penculikan.

Siapakah para penculik mereka? Sejarah mencatat, beberapa anggota pasukan khusus Angkatan Darat (Kopassus) terlibat dalam penculikan itu. Para pelaku bahkan sudah divonis. Muchdi diduga kuat juga terlibat dalam aksi itu.

Sejarah ternyata berjalan dengan menggelikan. Hari-hari ini Muchdi, mantan petinggi Badan Intelejen Negara (BIN), disidang dalam kasus dugaan pembunuhan Munir. Muchdi dibela oleh Desmon.

Kedua orang ini juga aktif di partai politik yang sama: Gerindra. Di partai yang didirikan menjelang Pemilihan Umum 2009, Muchdi menjabat wakil ketua umum. Sedangkan Desmon sebagai anggota tim advokasi partai.

Kita tahu Gerindra adalah partai yang setiap hari mengiklankan Prabowo Subianto di televisi (calon presiden 2009?). Prabowo adalah mantan menantu Soeharto, pernah menjadi Komandan Jenderal Kopassus, terlibat dalam pembebasan sandera di Mapenduma, Papua, dan akhirnya dipecat dari ABRI/TNI karena terlibat aksi penculikan para aktivis pada 1998.

Ah, sejarah ternyata memiliki lelucon sendiri … dan sangat menggelikan.

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Apakah hari ini sampean punya lelucon?

Iklan

Tagged: , , , , , , , , ,

§ 67 Responses to Penculikan Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Penculikan Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: