Data Pecas Ndahe

Oktober 13, 2008 § 52 Komentar

Inilah isu yang sepanjang akhir pekan lalu memicu kegegeran ranah blog dan plurk: Data Pokok Pendidikan Nasional.

Saya mendapatkan SMS dan email dari beberapa kawan, juga informasi dari RSS Reader beberapa blog mengenai isu itu. Apa yang bikin geger?

Data itu ternyata memuat informasi tentang semua siswa sekolah, dari tingkat SD hingga SMA negeri maupun swasta di seluruh Indonesia, lengkap dengan nama dan alamah rumah mereka. Hingga pagi ini, saya masih bisa melihat, mengakses, dan mengunduh data itu.

Sebagian kalangan mengganggap informasi yang lengkap itu rawan disalahgunakan. Mereka lalu mendesak Departemen Pendidikan Nasional menghapus atau minimal membatasi akses ke informasi tersebut.

Mereka juga cemas karena Departemen Pendidikan sepertinya tak menyadari bahaya itu, dan belum banyak media mainstream yang membahasnya sebagai isu atau wacana publik yang lebih luas.

Saya memahami maksud dan tujuan Departemen Pendidikan Nasional mempublikasikan data itu seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan bagian dari transparansi.

Tapi, seperti halnya beberapa kawan blogger lain, saya juga jadi ikut risau. Informasi itu memiliki dua sisi mata uang. Bisa positif, bisa negatif. Ada wilayah privasi yang dilanggar oleh negara.

Apa yang bisa kita lakukan? Sampean bisa memilih, misalnya menyebarkan memperingatkan kawan-kawan lain, terutama para orang tua yang data anaknya tercantum di sana untuk waspada, mengirim surat/email atau mengontak Admin Jaringan Pendidikan Nasional, dan sebagainya.

Saya sendiri akan mencoba yang terbaik yang bisa saya lakukan.

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah sampean pernah menyadari potensi bahaya publikasi informasi privat di Internet?

Iklan

Tagged: , , ,

§ 52 Responses to Data Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Data Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: