IndonesianBloggers Pecas Ndahe

Desember 3, 2008 § 66 Komentar

Berapakah sebenarnya jumlah blog dan blogger Indonesia? Apakah sudah mencapai 100 ribu? 300 ribu? 500 ribu? Atau lebih? Silakan bermain tebak-tebakan.

indonesian bloggers

Gallery & Directory of Indonesian Bloggers

Terus terang, saya susah sekali mendapatkan data yang sahih tentang jumlah blog dan blogger Indonesia. Selain angkanya naik terus setiap hari, datanya tersebar di mana-mana.

Kita pun belum tentu diizinkan mengintip data itu di laci para penyedia blog hosting luar, seperti Blogspot, WordPress, Multiply, Blogdrive, maupun yang lokal seperti dagdigdug dan BlogDetik. Akhirnya, saya dan sampean cuma bisa mengira-ira.

Karena itu, saya merasa sangat terbantu seandainya ada blog/situs yang berusaha mengumpulkan blog Indonesia dalam satu tempat, seperti Indonesian Bloggers ini.

Indonesian Bloggers atau IB merupakan semacam etalase yang memajang blog dan blogger khusus Indonesia. Sampean bahkan bisa melihat peringkat setiap blog dan memberikan vote.

Saya ndak tahu kapan tepatnya situs ini muncul, tapi rasanya sih belum terlalu lama. Saya pertama kali mengetahuinya dari posting plurk Achill kemarin.

IB dikelola oleh empat blogger, yakni Richoz, Nasgorkam, Upstylo, dan Achill alias Konclang. Di kolom About, tertera penjelasan pengelolanya tentang IB:.

Indonesian Bloggers adalah gallery dari blog milik teman-teman blogger seluruh Indonesia. Baik yang berada di Indonesia, di luar negeri, berbahasa Indonesia maupun berbahasa asing. Dari yang membahas masalah politik, membahas masalah gaya hidup, teknologi, sampai dengan cerita pribadi.

IB memang bukan pengumpul blogger Indonesia pertama. Kalau tak salah, sebelumnya sudah ada BlogIndonesia. Mungkin ada yang lain juga, saya tak mencatat semua.

Buat saya, makin banyak yang bersedia mengagregasi blog dan blogger Indonesia, makin baik buat pencatatan dan pendataan. Sebab, kita sangat kurang dalam soal ini. Data yang baik sangat berguna buat apa saja, misalnya melihat bagaimana trend pertumbuhan blog dan blogger Indonesia.

Sekarang terserah sampean, apakah mau ikut mendaftar di IB atau tidak. Keputusan di tangan sampean. Saya cuma meneruskan kabar.

Apa pun pilihan sampean, jangan sampai membuat kita jadi terkotak-kotak. Buat saya, ngeblog boleh dan bisa di mana saja. Begitu pula di mana sampean akan bergabung dalam sebuah komunitas. Yang penting semangat berbagi dan bersaudara jangan sampai ditinggalkan.

>> Selamat hari Rabu, Ki Sanak. Menurut sampean, apakah kita perlu mendaftar ke salah satu agregator blog Indonesia?

Iklan

Tagged: , , , ,

§ 66 Responses to IndonesianBloggers Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading IndonesianBloggers Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: