Belanda Pecas Ndahe

Januari 13, 2009 § 42 Komentar

Sampean pengen lihat kincir angin berputar menderu-deru? Melihat warna-warni tulip bermekaran sepanjang hari? Atau sampean sekalian mau menimba ilmu di Belanda?

belanda

Ndak usah bingung, ndak perlu pusing memikirkan ongkos dan cara menuju ke sana. Sampean bahkan tak perlu mahir “holan spreken” alias bahasa Belanda.

Kenapa? Karena kuliah berlangsung dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada peluang mendapatkan beasiswa.

Serius? Apa syaratnya supaya bisa kuliah di Belanda?

Siswa asing yang ingin masuk ke universitas Belanda harus dapat dapat mengerti, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris dengan tingkat kemampuan yang baik. Dia juga harus memiliki nilai TOEFL minimal ITP 550 atau IELTS 5.5-6.5 atau tergantung program studi pilihan, atau lulus tes yang diadakan oleh universitas Belanda. Ijazah SMA diperlukan untuk masuk program bachelor.

Untuk program master diperlukan ijazah S1 atau setara di bidang yang relevan. Beberapa program yang berorientasi profesi mungkin mempunyai syarat-syarat khusus, misalnya pengalaman kerja yang berhubungan dengan bidang studi.

Bagaimana cara mendaftar ke universitas di Belanda?

Sampean dapat menghubungi langsung international office universitas yang dituju, alamat e-mail international office dapat diperoleh di website masing-masing universitas Belanda. Sampean juga bisa menghubungi perwakilan atau lembaga konsultasi pendidikan yang dapat mengurus pendaftaran ke universitas di Belanda.

Berapa lama masa studi di Belanda?

Program bachelor: kebanyakan program bachelor berlangsung selama empat tahun, namun ada juga yang berdurasi 3 tahun. Program master bisa memakan waktu selama 10 sampai 24 bulan, tergantung program studi yang kamu ambil. Untuk prpgram Doktor atau Ph.D biasanya berlangsung selama empat tahun dan kadang-kadang sebagian studi dilakukan di Indonesia.

Kapan dimulai tahun akademik di universitas Belanda?

Tahun akademik umumnya dimulai bulan September dan berlangsung sampai pertengahan Juni tahun berikutnya. Ada sejumlah kecil universitas yang memulai masa studinya di bulan Februari.

Dapatkah siswa asing pindah ke universitas di negara lain selama belajar di Belanda?

Banyak universitas di Belanda memiliki kerja sama dengan universitas atau institusi di negara-negara Eropa, sehingga kadang-kadang sebagian studi yang sedang ditempuh dapat diikuti di negara lainnya.

Dapatkah siswa universitas asing masuk ke universitas Belanda pada tingkat yang setara atau mereka harus mulai lagi dari tahun pertama?

Ya, mereka dapat melanjutkan studi pada tingkat tertentu tetapi hanya bila universitas di Belanda mengakui kemampuan siswa dan sebelumnya memberi ijin. Hanya sejumlah kecil universitas di Belanda yang menawarkan kesempatan ini, dan keputusan sepenuhnya tergantung universitas.

Masih kurang jelas? Silakan sampean klik blog Studi Belanda.

>> Selamat hari Selasa, Ki Sanak. Apakah sampean masih berminat melanjutkan kuliah di negeri orang?

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 42 Responses to Belanda Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Belanda Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: