Misi Pecas Ndahe

Januari 5, 2009 § 66 Komentar

Bencana datang silih berganti. Korban terus berjatuhan. Kemarin saudara-saudara kita di Manokwari dan Sorong, Papua Barat, yang tertimpa musibah gemba bumi. Besok atau lusa mungkin giliran kita.

Setiap kali bencana menghumbalang, kita tak bisa hanya berharap dan menunggu bantuan pemerintah pusat maupun daerah, yang sering terlambat. Sudah saatnya masyarakat, juga para blogger, berdiri di barisan terdepan dan melakukan sesuatu. Bencana tak mau menunggu. Saat ini juga, kita harus bergerak.

Epat, kawan baik saya itu, telah melempar gagasan dahsyat: membuat Blogger Response Team. Apa itu?

Blogger Response Team (Blogger for Humanity) adalah jaringan blogger seluruh Indonesia yang siap menjalankan misi kemanusiaan untuk membantu korban dan penanganan musibah bencana alam di seluruh Indonesia.

Berawal dari Epat itulah, saya lalu membayangkan BRT ini merupakan semacam forum komunikasi semua komunitas blogger, juga para blogger yang belum tergabung dalam sebuah komunitas tapi bersedia menjadi relawan. Tugasnya antara lain meringankan penderitaan korban bencana alam.

Forum ini akan mengelola segala hal yang berkaitan dengan bencana alam dan misi kemanusiaan. Mungkin mereka akan menyampaikan kabar adanya bencana di suatu daerah, menjadi pusat informasi, menggalang bantuan, mengirimkan relawan ke daerah bencana, dan sebagainya.

Para pemimpin komunitas akan menjadi koordinator wilayah masing-masing. Tugasnya mengkoordinasikan bantuan dan kegiatan kawan-kawan blogger bila di daerahnya terjadi bencana alam. Anggota komunitas juga bisa membantu proses updating berita tentang bencana di daerahnya, termasuk melaporkan seandainya ada wilayah yang belum mendapatkan bantuan.

Saya juga berangan-angan kelak ada sebuah blog yang didedikasikan khusus untuk keperluan ini. Di blog tersebut nantinya seluruh aktivitas dilaporkan, dan disebarkan ke delapan penjuru angin. Didukung oleh jaringan media sosial lain, seperti microblogging (Plurk, Twitter) dan Facebook, blog ini tentu akan sangat mudah dikelola dan diperbarui isinya.

Kita juga dapat menggalang donasi lewat blog itu. Lalu kita bantu penyalurannya ke para korban bencana. Lewat blog pulalah kita akan membentuk jaringan dengan lembaga-lembaga sosial lain yang sudah terbiasa menangani korban bencana. Para relawan bahkan bisa mendaftarkan diri untuk berangkat ke suatu daerah bencana di blog ini.

Tentu saja masih banyak ide lain yang dapat kita salurkan melalui wadah Blogger Response Team seperti ini. Gagasan sampean pasti lebih banyak dari saya. Silakan utarakan lewat kolom komentar di bawah ini.

Saya tahu ada beberapa blogger sudah berpengalaman membantu korban bencana di Aceh, Yogyakarta, dan beberapa tempat lain. Sekarang saatnya bersatu, membentuk jaringan, dan melebarkan bantuan.

Ayo, kita wujudkan tim ini. Bencana tak menunggu. Kita mesti bergerak sekarang juga. Mari satukan tangan untuk sebuah misi kemanusiaan. It’s time to rock and roll, guys!

UPDATE: Oh ya, kalau tertarik, silakan bergabung ke milis bloggerpeduli@googlegroups.com untuk berdiskusi mengenai perkembangan gerakan blogger peduli ini.

>> Selamat hari Senin, Ki Sanak. Apakah sampean berminat ikut dalam tim ini?

Iklan

Tagged: , , , , , , ,

§ 66 Responses to Misi Pecas Ndahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Misi Pecas Ndahe at Ndoro Kakung.

meta

%d blogger menyukai ini: